Fikih Ekonomi Islam

Abdullah al-Mushlih, Shalah ash-Shawi

Informasi Dasar

16.01.245
297.273
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Perkembangan ekonomi modern yang sangat dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran barat dewasa ini membawa perkembangan ekonomi dunia ke arah yang salah, ketidakadilan ekonomi, penindasan ekonomi, kemiskinan struktural dan lainnya, yang berakibat langsung pada perilaku moral manusia, yang mempengaruhi perkembangan teori-teori ekonomi yang menjadi panutan tersebut.

Perilaku ekonomi yang tidak diatur dalam bingkai moral yang kuat akan menjadi destruktif bagi alam dan peradaban manusia, karena salah satu di antara ciri makhluk ekonomi menurut teori barat adalah serakah, suatu sifat yang sangat berbahaya, dan tidak diatur oleh ekonomi barat yang sepenuhnya hanya berorientasi pada keuntungan materi.

Hal ini sangat berbeda dengan Islam yang merupakan satu-satunya agama yang dengan sangat jelas dan rinci mengatur setiap tatanan dalam kehidupan manusia termasuk perilaku ekonomi. Dalam Islam perilaku ekonomi dan para pelakunya tetap berjalan dalam koridor yang jelas serta memiliki tujuan yang jelas pula, sehingga para makhluk ekonomi dalam Islam justru menjadi cahaya bagi alam dan peradaban manusia.

Sayangnya kebanyakan pakar-pakar ekonomi di antaranya dari kalangan Muslim, hanya sedikit -kalau tidak bisa dikatakan tidak ada yang memiliki kepedulian terhadap sumber-sumber agamanya sebagai rujukan. Kebanyakan mengadopsi mentah-mentah teori ekonomi barat sebagai dasar pijakannya. Ketidakpedulian ini bisa jadi disebabkan karena kurangnya bahan rujukan yang pas bagi para pelaku ekonomi Muslim, sementara literatur tentang teori-teori ekonomi barat sangat banyak dan mudah diperoleh.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah satu upaya besar yang dilakukan oleh dua orang ulama kontemporer untuk mengupas, membahas, dan menyajikan sistem serta metode Islam dalam memandu bisnis modern sekarang ini. Isi buku ini amat sulit untuk diungkapkan dengan ringkas, namun baru bisa dirasakan manfaatnya yang amat besar bila dibaca secara runtut dan dipahami secara benar. Sebuah tantangan serius bagi kalangan pebisnis Muslim modern.

Subjek

Islam - economics
 

Katalog

Fikih Ekonomi Islam
978-979-3407-20-3
xiv, 473p.: 24 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Abdullah al-Mushlih, Shalah ash-Shawi
Perorangan
 
Abu Umar Basyir

Penerbit

DARUL HAQ
Jakarta
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini