ANALISA KINERJA LOAD BALANCING MENGGUNAKAN LINUX VIRTUAL SERVER PADA LAYANAN HTTP

SATRIA GEUSAN MARTASURIANAGARA

Informasi Dasar

16.06.114
005.74
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada era digital saat ini, khususnya layanan aplikasi internet seperti layanan http sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi masyarakat luas. Konten dari web memiliki variasi yang berbeda-beda sehingga dapat membuat masyarakat mengaksesnya setiap saat. Seiring pengetahuan masyarakat yang meningkat akan kegunaan dari internet, mengakibatkan beban trafik pada sebuah web server meningkat dan terus bertambah. Sedangkan masyarakat menginginkan ketersediaan yang maksimal dalam melakukan akses pada sebuah website.

Dalam keadaan seperti ini, perlu adanya sebuah sistem yang mampu untuk melakukan pembagian beban trafik. Salah satu cara untuk merelaisasikan sistem tersebut adalah dengan membangun sistem load balancing, tujuannya agar beban trafik yang datang tidaklah menjadi tanggung jawab dari satu buah server saja dan juga untuk meningkatkan kinerja pada web server sehingga web server tidak mengalami overload request. Load Balancer yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah Linux Virtual Server.

Dari hasil penelitian yang dilakukan telah diketahui bahwa system load balancing dengan menggunakan LVS (Linux Virtual Server) dapat memenuhi kehandalan server. Terjadi penurunan sekitar 27 % pada penggunaan CPU Utilization dari server dengan sistem load balancing, karena beban request yang datang tidak lagi dilayani oleh server tunggal lagi melainkan beban dibagi ke dua buah server. Pada skenario load balancing ini juga terjadi kenaikan kinerja yang didapat, tergantung pada algoritma yang digunakan. Pada penelitian ini juga diketahui, algoritma yang paling baik digunakan untuk load balancing adalah round robin apabila memiliki sumber daya perangkat keras yang sama.

Kata Kunci: Load Balancing, Linux Virtual Server, HTTP

Subjek

TELECOMMUNICATIONS ENGINEERING
 

Katalog

ANALISA KINERJA LOAD BALANCING MENGGUNAKAN LINUX VIRTUAL SERVER PADA LAYANAN HTTP
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATRIA GEUSAN MARTASURIANAGARA
Perorangan
Tengku A Riza, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini