APLIKASI PENGENDALI PERANGKAT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERBASIS ANDROID DAN WEB MENGGUNAKAN PROTOKOL REST

RESTU ISJAKA PURWANDANA

Informasi Dasar

16.04.693
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkebun di halaman pribadi sudah menjadi hobi di kalangan masyarakat metropolitan. Tanaman-tanaman yang populer berupa tanaman hias, tanaman organik, maupun obat-obatan, Tujuannya beragam, mulai dari menghias rumah, komersil, sampai untuk konsumsi pribadi. Namun seringkali tanaman kurang mendapatkan perhatian perawatan untuk pertumbuhannya, dikarenakan hal sepele seperti lupa menyiram tanaman .Akibatnya, tanaman tersebut mati dan akhirnya dibuang menjadi sampah organik yang akan menjadi limbah apabila tidak dikelola dengan baik.

Dalam tugas akhir ini diberikan solusi terhadap kontrol penyiraman tanaman pada sistem yang dinamakan APA (AQUAPONIC AUTOMATIC). Sistem ini memanfaatkan protokol REST berbasis android dan web dengan studi kasus pekarangan rumah pribadi. Sistem ini dapat melakukan kontrol penyiraman jarak jauh yang memanfaatkan data pada informasi cuaca di cloud, melakukan monitor tanaman, melihat statistik cuaca, dan pengaturan penyiraman otomatis secara berkala.

Berdasarkan pengujian pada tugas akhir ini, sistem dapat melakukan kontrol penyiraman jarak jauh dengan respon waktu 0,1617 ~ 0,5631 detik , dapat memberikan informasi cuaca di lokasi perangkat dengan respon waktu 0,676 ~ 1,9 detik, melakukan monitor tanaman berupa foto sampai ditampilkan dengan respon waktu 3,5877 ~ 5,5710 detik, serta mengatur penyiraman otomatis dengan respon waktu 0,1533 ~ 0,5605 detik. Dapat berjalan di android dan memanfaatkan cloud service.

Kata Kunci : Penyiramanan, Cloud Service, Weather Service, REST protocol, Android.

Subjek

WEB SERVICE
 

Katalog

APLIKASI PENGENDALI PERANGKAT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERBASIS ANDROID DAN WEB MENGGUNAKAN PROTOKOL REST
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RESTU ISJAKA PURWANDANA
Perorangan
Fairuz Azmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini