Analisis dan Implementasi Perancangan Arsitektur Sistem Collaborative Learning Pada Bimbingan Tugas Akhir Menggunakan Aspect Oriented Architecture Description Language (AO – ADL)

SYIFA LUTHFI FATHARANI

Informasi Dasar

16.04.665
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bimbingan Tugas Akhir merupakan salah satu proses dalam mengerjakan Tugas Akhir. Pada proses bimbingan Tugas Akhir, seorang dosen dapat membimbing seorang atau beberapa mahasiswa dengan topik dan metode yang sama. Sehingga diperlukan sebuah proses pembelajaran secara kolaboratif untuk memudahkan proses bimbingan dosen dengan mahasiswanya. Sebagai alat bantu proses pembelajaran kolaboratif ini, maka dibangunlah sistem pembelajaran kolaboratif. Tahap dalam membuat sistem yaitu requirement, desain, dan implementasi. Salah satu tahap desain adalah desain arsitektur perangkat lunak. Desain arsitektur sistem pembelajaran kolaboratif didesain menggunakan Aspect Oriented Architecture Description Language (AO – ADL). Desain arsitektur perangkat lunak sistem pembelajaran kolaboratif bimbingan tugas akhir mempunyai functional requirement dan non – functional requirement. Functional requirement sistem merupakan fitur pembelajaran kolaboratif untuk bimbingan Tugas Akhir. Sistem pembelajaran kolaboratif bimbingan Tugas Akhir memiliki tiga non – functional requirement yaitu reliability, availability, dan usability. Desain arsitektur perangkat lunak dibuat menggunakan notasi AO – ADL. Desain arsitektur dievaluasi menggunakan metode ATAM. Dari hasil evaluasi diperoleh bahwa usability tradeoff dengan reliability dan usability tradeoff dengan modifiability. Desain arsitektur ini diimplementasikan menggunakan konsep MVC. Metode yang digunakan dalam pengujian sistem adalah penyebaran kuesioner terhadap user dan black box testing.

Kata Kunci : bimbingan, Tugas Akhir, pembelajaran kolaboratif, Architecture Description Language, Aspect Oriented Architecture Description Language

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Perancangan Arsitektur Sistem Collaborative Learning Pada Bimbingan Tugas Akhir Menggunakan Aspect Oriented Architecture Description Language (AO – ADL)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA LUTHFI FATHARANI
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini