Analisis dan Implementasi Model User Interface pada Pembangunan Sistem Collaborative Learning Bimbingan Tugas Akhir Menggunakan User Centered Design (UCD)

PUTRI NOFIANA HARAHAP

Informasi Dasar

16.04.654
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu kondisi pola pengerjaan penelitian tugas akhir adalah seorang dosen membimbing beberapa mahasiswa dengan topik yang sama namun berbeda metode. Kondisi pengerjaan tersebut beririsan karena mempunyai kebutuhan informasi yang saling berkaitan sehingga memungkinkan dilakukan pembelajaran bersama dalam menyelesaikan tugas akhir. Pendekatan proses belajar bersama ini disebut juga sebagai pendekatan pembelajaran kolaboratif (collaborative learning). Namun proses ini terkendala oleh waktu pertemuan secara langsung antara dosen dengan mahasiswa sehingga dibutuhkan suatu media yang baik sebagai solusi dari permasalahan. Untuk membangun media yang baik, salah satu bagian yang penting adalah user interface yang memenuhi unsur usability. User interface yang buruk membuat sistem tidak berjalan dengan baik. Produk atau sistem yang tidak berjalan dengan baik ini dapat disebabkan oleh ketidaksempurnaan atau kurang sesuainya dengan kebutuhan yang pengguna inginkan. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan analisis kebutuhan dari dosen dan mahasiswa karena setiap orang memiliki kebutuhan yang bervariatif dalam melakukan proses bimbingan tugas akhir. Maka dari itu, metode yang digunakan adalah penerapan User Centered Design (UCD) dimana manfaat terbesar dari penerapan UCD ini adalah dapat memberikan pendefinisan kebutuhan yang lebih akurat dari pengguna sistem. Metode ini digunakan untuk menghasilkan sebuah model user interface yang sesuai dengan pengalaman dan kebutuhan dari pengguna. Tahap penelitian dalam menganalisis user interface menggunakan UCD ini yaitu specify context of use, specify requirement, produce design solution dan evaluate designs. Pada tahap evaluate designs dilakukan pengujian usability dengan menggunakan faktor Quality in Use Integrated Measurement (QUIM). Dari penelitian ini menghasilkan sebuah model user interface aplikasi bimbingan tugas akhir berbentuk collaborative learning yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna dan memenuhi unsur usability.

Kata kunci : Tugas Akhir, Bimbingan, Collaborative Learning, User Centered Design, User interface , Usability, dan Quality in Use Integrated Measurement (QUIM)

Subjek

USER INTERFACES
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Model User Interface pada Pembangunan Sistem Collaborative Learning Bimbingan Tugas Akhir Menggunakan User Centered Design (UCD)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI NOFIANA HARAHAP
Perorangan
Mira Kania
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini