Gaya Komunikasi Ridwan Kamil dalam Penggunaam Media Sosial (Studi Netnography di Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram)

M. LUKMAN P. ADI K

Informasi Dasar

16.04.639
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Di era modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang dengan pesat, dan membuat orang terus berusaha untuk mengimbanginya. Begitu pula dengan kemajuan media sosial, yang saat ini merupakan alat atau media untuk dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain kapanpun dimanapun. Hal itu pun membuat Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung untuk memanfaatkan media sosial, antara lain Facebook, Twitter, dan Instagram untuk dapat berkomunikasi dengan warga Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti Gaya Komunikasi Ridwan Kamil dalam penggunaan Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah studi Netnography. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan gaya komunikasi Ridwan Kamil di media sosial tersebut termasuk kedalam gaya The Equalitarian Style. Yang merupakan komunikasi dua arah dimana pengguna media sosial yang lain dapat memberi respon termasuk berkomentar yang tidak jarang mendapat perhatian langsung dari Ridwan Kamil dan bahkan cukup banyak yang dibalas. Baik itu berupa keluhan, kritik, saran, atau pun konteksnya hanya bercanda, yang terbukti efektif dilihat dari bukti yang ditemukan di media sosial. Walaupun di dunia nyata terlihat sedikit berbeda, berdasarkan data yang didapat dari beberapa hasil wawancara langsung dengan informan. Namun hal itu tetap tidak mengubah hasil penelitian bahwa di dalam media sosial, komunikasi yang dijalin Ridwan Kamil dapat dikatakan berhasil dengan cukup efektif.

Kata kunci : Gaya Komunikasi, Media Sosial, Kepemimpinan, Netnography

Subjek

COMMUNICATION STRATEGY
 

Katalog

Gaya Komunikasi Ridwan Kamil dalam Penggunaam Media Sosial (Studi Netnography di Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. LUKMAN P. ADI K
Perorangan
Ira Dwi Mayangsari, S.Sos², MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini