Kajian Kinerja Ridwan Kamil dalam Penerapan Bandung Smart City (Berdasarkan Twitter @RidwanKamil periode 16 September 2013 hingga 31 Juli 2015)

NOVI YOLANDA NADAPDAP

Informasi Dasar

16.04.529
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keberhasilan penerapan Smart City dipengaruhi oleh peran pemimpin, oleh karena itu peran Walikota Ridwan Kamil mempengaruhi keberhasilan Bandung Smart City. Penelitian ini bertujuan menggambarkan kinerja Ridwan Kamil dalam menerapkan Bandung Smart City. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data dari Tweet @RidwanKamil periode 16 September 2013 hingga 31 Juli 2015. Adapun hasil dalam penelitian ini, sebanyak 20 program Bandung Smart City telah dikomunikasikan antara @RidwanKamil dengan masyarakat. Program yang maksimal dikomunikasikan yaitu Bandung Teknopolis dan PPDB Online. Sedangkan program yang minimal dikomunikasikan adalah Free wifi, Bandung Command Center, City Apps, Sistem Informasi Penilaian, Perizinan online, Bansos Online, LAPOR, BIRMS, Smart Parking System, CCTV, PPID, SAKIP, Cloud Computing e-Kelurahan, dan e-Puskesmas. Informasi yang disampaikan Ridwan Kamil berupa a) mengkomunikasikan launching program, b) melakukan klarifikasi program, c) menghimbau partisipasi masyarakat mendukung program, dan e) memberikan informasi manfaat dari penerapan program. Apabila dikaitkan berdasarkan komunikasi @RidwanKamil dengan konfirmasi Diskominfo dan Bappeda Kota Bandung menunjukkan kesamaan yaitu area layanan Smart Government merupakan area prioritas tinggi dalam penerapan Bandung Smart City. Komunikasi @RidwanKamil terhadap program-program Smart Government menunjukkan komunikasi yang masih minim khususnya pada program SAKIP, Bansos Online, Perizinan Online, Sistem LAPOR, dan Sistem Informasi Penilaian yang dilihat dari fungsinya merupakan program pelayanan publik yang sangat membutuhkan partisipasi masyarakat. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan kepadaRidwan Kamil untuk dapat menyesuaikan proporsi komunikasi dengan prioritas area pelayanan Smart City yang ingin dicapai. Sehingga terbentuk keselarasan informasi yang diperoleh masyarakat guna mendukung kinerja pemerintah.

Kata kunci: Smart City, Twitter, Pemimpin, Komunikasi

Subjek

SOCIAL MEDIA
 

Katalog

Kajian Kinerja Ridwan Kamil dalam Penerapan Bandung Smart City (Berdasarkan Twitter @RidwanKamil periode 16 September 2013 hingga 31 Juli 2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVI YOLANDA NADAPDAP
Perorangan
Dini Turipanam Alamanda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini