Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan (Studi Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, Periode 2010-2015)

R. RADITYA ZULMAHDI HAMONG PUTRA

Informasi Dasar

16.04.512
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi keuangan PT. Bank Negara Indonesia (BNI) pada setiap Triwulan disetiap tahunnya periode 2010-2015 dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan laba bersih yang dihasilkan oleh BNI pada setiap Triwulan disetiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Namun, pada Triwulan II tahun 2015 laba bersih yang dihasilkan BNI hanya sebesar Rp. 2,46 Triliun. Laba bersih tersebut menurun dibandingkan dengan laba bersih yang dihasilkan pada Triwulan II tahun 2014 sebesar Rp. 4,95 Triliun. Selain itu, ROA BNI pada Triwulan II tahun 2015 sebesar 1,14%. ROA BNI tersebut mengalami penurunan dibanding dengan ROA pada Triwulan II tahun 2014 sebesar 2,43%. Terkait dengan hal ini, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas BNI.

Melalui penelitian ini, variabel-variabel yang akan diteliti adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Net Interest Margin (NIM). Adapun alat ukur dari profitabilitas yang digunakan adalah Return On Assets (ROA). Metode pengumpulan data adalah data sekunder yakni laporan keuangan triwulanan BNI periode Triwulan I tahun 2010 sampai Triwulan III tahun 2015. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Regresi Linier Berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CAR, NPL, LDR, BOPO dan NIM berpengaruh signifikan terhadap ROA secara simultan. Secara parsial, hanya BOPO dan NIM yang berpengaruh signifikan terhadap ROA. BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA dan NIM berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Koefisien determinasi dari penelitian ini sebesar 94,3%.

Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Net Interest Margin, Return On Asset

Subjek

BANKS
 

Katalog

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan (Studi Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, Periode 2010-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

R. RADITYA ZULMAHDI HAMONG PUTRA
Perorangan
Dadan Rahadian
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini