Evaluasi Model Bisnis pada Laundry Bar dengan Pendekatan Business Model Canvas

ANGGA DWI UTAMA

Informasi Dasar

16.04.482
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Agar suatu usaha dapat berjalan dengan baik dan sukses tentunya dibutuhkan kemampuan tata kelola yang baik, hal ini merupakan faktor penting yang bisa menjadi bekal untuk mengembangkan bisnis terutama bagi bisnis yang masih baru. Salah satu kemampuan tata kelola yang harus dimiliki adalah dalam hal penerapan model bisnis yang menjadi konsep dasar untuk mengembangkan suatu bisnis.

Model bisnis merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja suatu bisnis dan merupakan kunci suatu bisnis untuk meningkatkan daya saing dan mencapai tujuannya, model bisnis adalah suatu model yang memberikan penjelasan mengenai bagaimana suatu bisnis mendapatkan atau mencapai keuntungan dan siapa pelanggan usaha tersebut, peran model bisnis sangatlah vital dalam menentukan keberlangsungan hidup suatu bisnis. Salah satu alat yang sering digunakan untuk menilai suatu model bisnis adalah Business Model Canvas karena telah sering memberikan kontribusi terhadap penggunaan model bisnis pada suatu organisasi. Business Model Canvas lebih difokuskan pada pelaksanaan sebuah ide untuk menciptakan nilai pada suatu organisasi.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi penerapan model bisnis pada Laundry Bar sebagai bisnis yang dapat dikatakan baru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori business model canvas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan tipe analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan in-depth interview dalam mengumpulkan data primer yang dibutuhkan pada penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah berupa evaluasi model bisnis Laundry Bar berdasarkan analisis SWOT pada setiap elemen business model canvas yang sudah dilakukan untuk lebih memperhatikan kualitas layanan dan tidak lagi berfokus pada minimasi biaya seperti sebelumnya sehingga struktur biaya bisnis juga berubah dari cost-driven menjadi value-driven. Diharapkan dengan dilakukannya evaluasi model bisnis melalui penelitian ini, hasilnya dapat bermanfaat bagi perkembangan dan keberlangsungan bisnis Laundry Bar kedepannya.

Kata kunci: Kewirausahaan; Model Bisnis; Bisnis Model Kanvas

Subjek

MANAGEMEN WIRAUSAHA
 

Katalog

Evaluasi Model Bisnis pada Laundry Bar dengan Pendekatan Business Model Canvas
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGA DWI UTAMA
Perorangan
Mediany Kriseka Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini