PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, SIZE PERUSAHAAN, NILAI TUKAR RUPIAH, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERFORMANSI LABA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan memiliki Ekuitas Negatif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2014)

AKHMAD NURUL HUDA

Informasi Dasar

16.04.468
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Performansi laba perusahaan merupakan kinerja suatu perusahaan yang diukur dengan laba yang dihasilkan dari aktivitas operasional perusahaan. Laba Perusahaan merupakan salah satu indikator dalam tolak ukur perusahaan yang mampu bertahan dalam bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh financial distress, size perusahaan, melemahnya nilai tukar rupiah dan tingkat profitabilitas perusahaan terhadap performansi laba yang dihasilkan perusahaan. Pengukuran dari Performansi laba diproksikan dengan varabilitas net income positif dan negatif dengan menggunakan metode dummy. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang memiliki ekuitas negatif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2002-2014. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 11 perusahaan dari populasi perusahaan yang memiliki ekuitas negatif sebanyak 103 perusahaan. Penelitian ini memiliki kurun waktu 13 tahun sehingga didapat 143 sampel yang diobservasi. Metode analisis data data dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi logistik (logistic regresion). Hasil penelitian menunjukan bahwa financial distress, size perusahaan, nilai tukar rupiah dan profitabilias secara simultan berpengaruh signifikan terhadap performansi laba perusahaan. Sedangkan secara parsial size perusahaan dan nilai tukar rupiah tidak berpengaruh signifikan terhadap performansi laba perusahaan, financial distress berpengaruh sigifikan dengan arah positif serta profitabililitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap performansi laba perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, untuk mendapatkan performansi laba perusahaan yang optimal maka perusahaan yang memiliki ekuitas negatif disarankan untuk mengatasi masalah kondisi financial failure / kegagalan keuangan dengan memberlakukan rencana manajemen yang efektif seperti strategi pengeluaran dengan menekan biaya dan beban, restrukturisasi hutang, serta memperhatikan pergerakan kurs.

Kata Kunci: Performansi Laba Perusahaan, Financial Distress, Size Perusahaan, Nilai Tukar Rupiah, Profitabilitas

Subjek

ACCOUNTING-INTERMEDIATE
 

Katalog

PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, SIZE PERUSAHAAN, NILAI TUKAR RUPIAH, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERFORMANSI LABA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan memiliki Ekuitas Negatif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKHMAD NURUL HUDA
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung (Kab.)
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini