ANALISIS PENANGGULANGAN INTER-CARRIER INTERFERENCE (ICI) PADA TEKNOLOGI OFDM MENGGUNAKAN FREQUENCY-DOMAIN EQUALIZER (FEQ) DENGAN METODE M-TAPS MINIMUM MEAN-SQUARE-ERROR (MMSE)

ERWIN PRIYANTONO

Informasi Dasar

16.04.347
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Permintaan untuk Wireless Broadband Multimedia Communication Systems (WBMCS) semakin tahun semakin meningkat. Untuk membuat sistem komunikasi bergerak (mobile) multimedia broadband, diperlukan transmisi bit rate yang tinggi minimal beberapa megabits per second. Namun kanal radio wireless mempunyai karakteristik dengan adanya multipath, dimana sinyal diterima mengandung tidak hanya gelombang radio Line of Sight (LOS), tapi juga oleh banyaknya gelombang radio yang tersebar akibat dari peristiwa propagasi, yang mengakibatkan sinyal pada penerima diterima pada waktu yang berbeda-beda. Hal ini akan menyebabkan gangguan-gangguan terhadap proses pengiriman sinyal informasi. Salah satu yang umum terjadi dalam proses transmisi sinyal adalah adanya fluktuasi daya yang diterima oleh penerima, yang disebut fading. Untuk mengatasi lingkungan multipath fading dengan kompleksitas rendah dan untuk mencapai WBMCS, skema transmisi Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) diperkenalkan. OFDM merupakan teknik untuk mengirim informasi dalam satu aliran (single stream), dimana informasi itu dibagi ke dalam beberapa sub-aliran (sub-stream) paralel, yang disebut sub-carrier. Namun teknik OFDM ini mempunyai kelemahan dengan munculnya Inter-Carrier Interference (ICI). Pengaruh ICI dapat dimitigasi menggunakan Frequency-Domain Equalizer (FEQ) yang memanfaatkan metode Minimum Mean Square Error (MMSE) konvensional dan M-taps MMSE. Sedangkan pengaplikasian untuk teknologi ini sudah banyak digunakan. Pada tugas akhir kali ini, aplikasi sistem yang digunakan merupakan teknologi standar IEEE 802.16e atau Mobile WiMAX. Dari hasil simulasi, didapat grafik BER terhadap Eb/No dengan jenis modulasi yang digunakan adalah QPSK, 16 QAM dan 64 QAM. Analisis pada grafik menunjukkan bahwa dengan batas maksimal Eb/No 25 dB, FEQ yang memanfaatkan metode MMSE konvensional dan M-taps MMSE dapat meningkatkan performansi sistem OFDM yang mengandung ICI dengan jenis modulasi QPSK dan 16 QAM. Tetapi sebaliknya metode mitigasi ICI ini tidak cocok untuk sistem OFDM yang mengandung ICI dengan jenis modulasi 64 QAM. Pada proses perhitungan kompleksitas waktu invers G didapat waktu pemrosesan invers G metode 7-taps MMSE 98,04459 % lebih efisien daripada metode MMSE konvensional, sedangkan pada 33-taps MMSE 91,08564 % lebih efisien dibandingkan dengan metode MMSE konvensional.

Kata kunci: Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM), Frequency-Domain Equalizer (FEQ), Minimum Mean Square Error (MMSE), M-taps Minimum Mean Square Error (MMSE)

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

ANALISIS PENANGGULANGAN INTER-CARRIER INTERFERENCE (ICI) PADA TEKNOLOGI OFDM MENGGUNAKAN FREQUENCY-DOMAIN EQUALIZER (FEQ) DENGAN METODE M-TAPS MINIMUM MEAN-SQUARE-ERROR (MMSE)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERWIN PRIYANTONO
Perorangan
Arfianto Fahmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini