Mudah Belajar PHP : Teknik Penggunaan, Fitur-fitur Baru Dalam PHP 5

Budi Raharjo

Informasi Dasar

16.01.202
006.76
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
5

PHP (singkatan dari: PHP: Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa pemrograman skrip yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi web, meskipun sebenarnya PHP memiliki kemampuan lebih dari itu. Layaknya bahasa pemrograman skrip lain seperti Python, Ruby, Perl, dll; PHP juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi Command Line Interface (CLI) dan desktop (GUI). Sejak kemunculan PHP 5, banyak fitur baru yang telah ditambahkan ke dalam bahasa PHP, khususnya fitur-fitur yang berkaitan dengan pemrograman berorientasi objek, seperti: trait, interface, magic method, dan sebagainya. Untuk keperluan modularisai kode program, PHP juga telah menambahkan fitur namespace ke dalam bahasanya. Sampai saat ini, PHP telah memiliki dukungan penuh terhadap semua konsep dalam pemrograman berorientasi objek, sama seperti Java, C++, dan C#.

Buku Teknik Belajar PHP, Teknik Penggunaan Fitur-Fitur Baru Dalam PHP 5 ini membahas dan menunjukkan teknik-teknik pemrograman dalam PHP; termasuk penggunaan fitur-fitur baru yang terdapat di dalam PHP 5, mulai dari PHP 5.0 sampai PHP 5.6, yang akan menuntun Anda untuk dapat menuliskan kode-kode program menggunakan sintaks PHP modern. Semua kode program dalam buku ini diuji menggunakan PHP 5.6.4. Anda dapat menentukan sendiri server web yang digunakan; bisa Apache httpd (Apache HTTP Server), nginx (dibaca: “Engine X”), maupun lighttpd. Semua instalasi dan konfigurasi yang diperlukan dibahas di bagian awal buku ini. Pembahasan dalam buku ini dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu:

• Bagian I: Bahasa Pemrograman PHP. Bagian ini membahas tentang sintaks-sintaks yang dianut oleh PHP, termasuk tentang pemrograman berorientasi objek.

• Bagian II: Pemrograman Database. Bagian ini membahas tentang cara membangun koneksi antara PHP dan server database serta proses pengolahan datanya. Selain itu, dibahas juga tentang cara akses database menggunakan pustaka PHP Data Objects (PDO). Server database (RDBMS) yang digunakan dalam buku ini adalah MySQL, SQLite, Oracle, dan PostgreSQL. Kode-kode untuk akses database ditulis dalam dua gaya, yaitu gaya prosedural dan gaya berorientasi objek.

• Bagian III: PHP untuk Aplikasi Web. Bagian ini membahas tentang penggunaan fasilitas-fasilitas yang khusus disediakan oleh PHP untuk mengembangkan aplikasi web.

Untuk mempermudah Anda dalam mempelajari materi-materi yang disampaikan, buku ini disertai dengan CD berisi semua software dan pustaka (library) yang dibutuhkan, yang semuanya bersifat free dan sebagian besar bersifat open source.

Subjek

WEB PROGRAMMING
PHP,

Katalog

Mudah Belajar PHP : Teknik Penggunaan, Fitur-fitur Baru Dalam PHP 5
9786021514863
xxiv, 536p.; il.; 24 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Budi Raharjo
Perorangan
 
 

Penerbit

Informatika Bandung
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

  • MI2434 - PEMROGRAMAN WEB
  • CCH2A3 - PEMROGRAMAN WEB
  • CTI3C3 - PEMROGRAMAN WEB

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini