PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN DEWAN DIREKSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Operator Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI periode 2010-2014)

CHIKA ANDORA

Informasi Dasar

16.04.254
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tidak semua perusahaan yang telah menerapkan corporate governance dapat selalu meningkatkan kinerjanya setiap periode. Hal tersebut terjadi karena manajer yang memiliki tujuan yang berbeda dalam menjalankan perusahaan dengan pemilik perusahaan, padahal manfaat penerapan prinsip corporate governance seharusnya mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja keuangan dan profitabilitas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan dengan Dewan Direksi sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif (kausal). Pemilihan sampel dilakukan dengan pusposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan operator telekomunikasi yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode 2010-2014. Analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah proporsi dewan komisaris independen terbukti tidak berpengaruh terhadap dewan direksi. Ukuran komite audit terbukti berpengaruh terhadap dewan direksi. Kepemilikan institusional terbukti tidak berpengaruh terhadap dewan direksi. Proporsi komisaris independen, komite audit dan kepemilikan institusional berpengaruh secara simultan terhadap dewan direksi. Dewan direksi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA, pengaruhnya sebesar 44,7% sedangkan dewan direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROE. Variabel proporsi dewan komisaris independen, ukuran komite audit dan ukuran kepemilikan institusional yang di intervening variabel dewan direksi berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA, pengaruhnya sebesar -0,061 ,0,260 dan -0,111 sedangkan proporsi dewan komisaris independen, ukuran komite audit dan ukuran kepemilikan institusional yang di intervening variabel dewan direksi terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROE pengaruhnya sebesar -0,009, 0,031 dan 0,015. Kata Kunci : proporsi dewan komisaris independen, ukuran komite audit, kepemilikan institusional, dewan direksi, ROA dan ROE

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE
 

Katalog

PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN DEWAN DIREKSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Operator Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI periode 2010-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHIKA ANDORA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini