KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (Studi Kasus pada Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Bintang Gang Nangkasuni, Wastukencana Bandung)

RINA NURMALA

Informasi Dasar

16.04.245
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari kegiatan komunikasi dengan manusia lainnya.Panca indera dan kata-kata atau tulisan memiliki peranan penting dalam jalinan komunikasi antar manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi verbal dan nonverbal dalam proses kegiatan belajar mengajar di Rumah Bintang Bandung. Rumah Bintang adalah komunitas nirlaba yang memberikan pendidikan secara gratis kepada anak-anak pinggir kali di kota Bandung yang berdiri di tengah Gang sempit di kawasan Wastukencana, Gang Nangkasuni Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan informan yaitu tiga orang mentor kelas yakni mentor kelas pra membaca, kriya dan perkusi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa ketika proses belajar mengajar berlangsung menunjukan bahwa dalam prosesnya baik secara sadar maupun tidak sadar komunikasi verbal dan nonverbal mereka gunakan dalam kegitan berlajar mengajar seperti penggunaan bahasa Indonesia dengan kata-kata yang tidak baku untuk mengajarnya, bahasa tubuh yang digunakan seperti penggunaan intonasi yang datar dengan suara yang tidak melengking-lengking ketika mengajara dan suara yang tidak terlalu cepat maupun lambat dan penggunaan busana bebas atau tidak berseragam. Selain itu posisi mengajar yang digunakan adalah posisi melingkar dalam ruangan. Keywords – Komunikasi verbal dan nonverbal, Pembelajaran Informal.

Subjek

COMMUNICATION-SCIENCE
 

Katalog

KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (Studi Kasus pada Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Bintang Gang Nangkasuni, Wastukencana Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RINA NURMALA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini