ANALISIS MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM BERITA INDONESIA MALAM LEMBAGA PENYIARAN TVRI

NADYA LARAS AYU

Informasi Dasar

16.04.240
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa manajemen strategis program berita Lembaga Penyiaran Publik TVRI, yang kemudian disebut LPP TVRI. Penelitian berfokus pada manajemen strategis LPP TVRI dalam menayangkan program berita Indonesia Malam. Strategi yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah strategi program ditinjau dari aspek manajemen yang dikemukakan oleh Peter Pringle, yaitu Perencanaan, Produksi, Eksekusi, dan Pengawasan dan Evaluasi.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ialah melakukan wawancara dengan narasumber yang berperan penting dan paham mengenai manajemen strategis program berita Indonesia Malam. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.

Hasil dari penelitian dan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa LPP TVRI sudah menjalankan manajemen strategis dalam program berita Indonesia Malam. Dalam perencanaan program Indonesia Malam, LPP TVRI sudah melakukan tahapan penjadwalan, penentuan target audien, penentuan tujuan keuangan, tujuan program, dan diferensiasi program. Dalam proses produksi program Indonesia Malam, LPP TVRI menjalankan tahapan seperti rapat redaksi dan produksi berita. Dalam eksekusi program Indonesia Malam, LPP TVRI menggunakan strategi penayangan ‘Counter Pogramming’. Dalam proses pengawasan dan evaluasi program dilakukan oleh staf bidang berita melibatkan KPI dan masyarakat.

Kesimpulan dari penelitian ini, manajemen strategis yang telah diterapkan oleh LPP TVRI terhadap program berita Indonesia Malam, namun masih banyak ditemukan kekurangan seperti keterbatasan dana dan manajemen yang kurang baik, sehingga hasil penayangan program belum maksimal.

Kata kunci: Manajemen Strategis, Media Massa, Lembaga Penyiaran Publik, TVRI, Program Berita

Subjek

BROADCAST MEDIA-NEWS
 

Katalog

ANALISIS MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM BERITA INDONESIA MALAM LEMBAGA PENYIARAN TVRI
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA LARAS AYU
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini