ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN RECORDS LABEL MELALUI SEBUAH EVENT (Studi Kasus pada Fast Forward Records melalui Event An_intimacy)

ALDI WIRAWAN

Informasi Dasar

16.04.218
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Strategi pemasaran yang tepat merupakan hal penting dapat mendukung pelaku bisnis untuk mampu bersaing dengan pesaingnya, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan serta dapat memuaskan keinginan konsumen. Kurang disadarinya records label oleh masyarakat Indonesia, peran dalam distribusi penyebaran dan pemasaran sebuah artis atau talent membuat sebuah strategi yang berbeda dengan jenis perusahaan yang lain. Setiap records mempunyai strategi pemasaran masing-masing untuk dapat bersaing. Hal in akan menimbulkan kepercayaan dan memancing pembelian produk. Dalam penelitian ini peneliti melihat adanya sebuah objek penelitian mengenai strategi komunikasi yang dilakukan oleh FFWD Records yang merupakan salah satu pioner label indie di Bandung. Minimnya sebuah acara indie di Bandung membuat FFWD Records harus membuat sebuah strategi komunikasi yang efektif dan kreatif. Adanya acara AnIntimacy yang merupakan acara micro-gigs atau bisa dikatakan gigs kecil dijadikan sebuah media perantara yang dilakukan FFWD Records untuk melakukan strategi komunikasi khususnya promosi. Judul yang akan diteliti oleh peneliti adalah Analisis Komunikasi Pemasaran Records Label melalui Event (Studi Kasus pada Fast Fowards Records melalui Event AnIntimacy). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan teknik wawancara, agar penelitian lebih mendetail dan mendalam tentang apa yang akan di teliti. Peneliti memutuskan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah Direktur FFWD Records, founder AnIntimacy, ketua pelaksana AnIntimacy sebagai sumber primernya dan sebagai sumber sekunder untuk memperkuat hasil penelitian peneliti menarik 18 pengujung untuk diwawancarai dengan menggunakan teknik FGD yang di bagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari 3 orang pria dan 3 orang wanita. Hasil dari penelitian ini menunjukan FFWD Records menerapkan strategi promosi memberikan potongan harga, lalu promsi produk yang berbentuk sebuah band atau musisi, mereka juga menerapkan labelling dalam acara AnIntimacy seperti pada backdrop, poster dan E-poster. Tanggapan yang baik juga dating dari para pengunjungnya yang peneliti tarik untuk di jadikan wawancara FGD, kebanyakkan dari mereka menerima pesan labelling yang dilakukan dan mengetahui adanya FFWD Records dalam acara AnIntiamcy. Dari hasil FGD bisa dikatakan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh FFWD Records sampai kepada target pasar mereka.

Subjek

Marketing - communication
 

Katalog

ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN RECORDS LABEL MELALUI SEBUAH EVENT (Studi Kasus pada Fast Forward Records melalui Event An_intimacy)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDI WIRAWAN
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini