PENGARUH INFLASI, TINGKAT SUKU BUNGA, NILAI TUKAR MATA UANG, ROE DAN CR TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012 - 2015)

PRIMA AULIA GUMILANG

Informasi Dasar

16.04.211
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan rokok merupakan perusahaan yang sangat berkembang di Indonesia, dengan peningkatan laba yang konsisten perusahaan rokok terus menarik investor untuk menanamkan sahamnya. Meskipun begitu tidak semua perusahaan rokok mengalami peningkatan laba seperti perusahaan rokok Bentoel yang terus merugi dan terus tidak membagikan dividennya kepada investor. Terkait dengan hal ini, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi return saham perusahaan rokok. Melalui penelitian ini, variabel-variabel yang akan diteliti sebagai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Return saham adalah faktor makro dan mikro ekonomi. Faktor makro ekonominya adalah Inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar mata uang, dan faktor mikro ekonominya adalah Return On Equity (ROE), Current Ratio (CR),. Metode pengumpulan data adalah data sekunder yakni data inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar mata uang yang ada di Bank Indonesia dan laporan keuangan triwulanan perusahaan rokok periode Triwulan I tahun 2012 sampai Triwulan III tahun 2015. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Analisis Data Panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar Mata Uang, ROE, dan CR secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Koefisien determinasi dari penelitian ini sebesar 8,52%. Secara parsial seluruh variabel Independen tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa variabel Inflasi, Tingkat Suku Bunga, ROE dan CR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Secara simultan Inflasi, Tingkat Suku Bunga, ROE dan CR tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Saran bagi investor yang ingin berinvestasi pada perusahaan rokok tidak perlu memperhatikan faktor inflasi, tingkat suku bunga, nilai tukar mata uang, ROE dan CR dalam harapan menentukan Return Saham. Untuk peneliti selanjutnya untuk memperpanjang periode penelitian dan ditambah variabel lainnya seperti IHK, GDP, Rasio Aktivitas dan Rasio Solvabilitas.

Subjek

RETURN ON INVESTMENT
 

Katalog

PENGARUH INFLASI, TINGKAT SUKU BUNGA, NILAI TUKAR MATA UANG, ROE DAN CR TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012 - 2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRIMA AULIA GUMILANG
Perorangan
Irni Yunita, Aldilla Iradianty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini