Candi-candi Daerah Istimewa Yogyakarta

Elang Mas Vision

Informasi Dasar

16.15.043
722.4
DVD - Reference
R2

Peninggalan bersejarah yang diwariskan oleh nenek moyang kita sudah menjadi keharusan bagi generasi penerus untuk menjaga dan melestarikan. Candi adalah salah satu warisan budaya yang tak ternilai harganya. Pada episode ini berisi 15 candi. Seperti telah diketahui, kebanyakan candi-candi yang berada di Jawa Tengah adalah peninggalan jaman Mataram Hindu atau Mataram Kuno.

Di dalam komplek wisata Candi Prambanan terdapat empat candi besar, yaitu; Candi Lumbung, Candi Bubrah, Candi Sewu dan Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Syiwa yang berada dalam komplek candi Prambanan adalah tempat penyimpanan abu jenasah raja Belitung dan permaisuri.

Disamping Candi Prambanan disini juga ditampilkan komplek Kraton Ratu Boko. Dalam legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso keberadaan kedua situs sejarah tersebut erat berkait. Disamping candi tersebut, tidak kalah megahnya juga adalah Candi Sewu dan Candi Plaosan. Candi Plaosan merupakan hadiah raja Rakai Pikatan yang beragama Hindu kepada permaisurinya yang beragama Budha. Disini bisa kita simpulkan betapa kerukunan antar umat beragama sudah lama terjalin baik di negeri ini.

Selain candi-candi tersebut diatas masih ada beberapa candi lain yang kemegahannya membuat kita kagum dan bangga sebagai bangsa Indonesia karena memiliki kejayaan masa lalu yang tak ternilai harganya. Relevansi Produk

Subjek

ANCIENT SOUTH AND SHOUTEAST
DOCUMENTARY FILMS,

Katalog

Candi-candi Daerah Istimewa Yogyakarta
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Elang Mas Vision
Perorangan
 
 

Penerbit

Elang Mas Vision
 
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini