Analisis Kemiripan Model Proses Bisnis menggunakan Algoritma Heuristik

SEPTIA DUSITELLA SEMBIRING

Informasi Dasar

16.04.167
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekumpulan koleksi dari aktivitas yang berhubungan dan terstruktur ataupun tugas untuk mencapai sebuah tujuan merupakan defenisi dari proses bisnis. Setiap organisasi maupun perusahaan memiliki satu atau beberapa proses bisnis untuk mendukung analisis, desain ulang dan implementasi dari sebuah aktivitas. Permasalahan yang terjadi adalah ketika satu atau beberapa proses bisnis memiliki beberapa kesamaan sehingga harus mengidentifikasi efektifitas maupun efisiensi pada model proses bisnis yang berbeda.

Pada Tugas Akhir ini, permasalahan dari proses bisnis ini dapat diselesaikan dengan cara analisis kemiripan model proses bisnis. Analisis kemiripan proses bisnis mempunyai tujuan untuk perhitungan seberapa besar kemiripan dari beberapa proses bisnis yang berbeda. Sebagai contoh yaitu proses bisnis pelaksanaan mata kuliah Tugas Akhir (TA) di Universitas Telkom. Universitas Telkom memiliki beberapa proses bisnis pelaksanaan Tugas Akhir (TA) yang berbeda tetapi memiliki perilaku yang sama.

Kemiripan proses bisnis dapat ditinjau dari tiga sisi yaitu text/label similarity, structural similarity dan behavioral similarity. Pada tugas akhir ini melakukan analisis terhadap kemiripan model proses bisnis dengan algoritma heuristik dan ditinjau dari sisi structural similarity. Hasil dari penelitian ini yaitu penentuan tingkat kemiripan dilakukan dengan cara menghitung string edit distance (sed), string edit similarity (ses), pemetaan dengan algoritma heuristik, graph edit distance (ged) dan grah edit similarity (ges) secara berurutan, tingkat kemiripan antara proses bisnis Tugas Akhir yang ada di Telkom University dan perbandingan cara kerja pada algoritma heuristik dibandingkan dengan menggunakan A*.

Kata kunci : kemiripan proses bisnis, structural similarity, algoritma heuristik, algoritma A*

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Analisis Kemiripan Model Proses Bisnis menggunakan Algoritma Heuristik
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SEPTIA DUSITELLA SEMBIRING
Perorangan
Dana S. Kusumo, Angelina Prima
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini