perancangan sistem akuntansi finansial berbasis openerp dengan menggunakan metode soft system methodology (studi kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Al Ihsan)

SATRIA NARENDRA WIBAWA

Informasi Dasar

16.04.158
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan teknik yang menggabungkan dan mengintegrasikan proses bisnis dan manajemen perusahaan sebagai sudut pandang untuk pengefisienan atau pengefektifan sumber daya perusahaan. ERP sendiri mencakup berbagai macam kebutuhan perusahaan dalam berbagai aspek, seperti keuangan, produksi, logistik, dan HRD yang dikemas dalam sebuah software. OpenERP merupakan suatu opensource perangat lunak yang memudahkan orang dalam penggunaan, pengembangannya, dan dapat diinstalasi tanpa memerlukan lisensi. Pada penelitian ini, Rumah Sakit Umum Daerah Al Ihsan memiliki kendala pada pencatatan yang berulang pada faktur pengadaan barang dan laporan belanja pemeliharaan aset sehingga terdapat banyak data tidak sesuai pada pencatatan akuntansi pengadaan barang dan pencatatan belanja pemeliharaan aset. Hal tersebut disebabkan tidak adanya sistem informasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan rumah sakit dalam mengatasi masalah pada ketidaksesuiaan data. Maka dari itu, dibutuhkannya perancangan integrasi pada RSUD Al Ihsan. Modul OpenERP yang dirancang untuk membantu proses akuntansi pada Rumah Sakit Umum Daerah Al Ihsan adalah modul accounting. Penerapan OpenERP modul accounting pada RSUD Al Ihsan menggunakan SSM (Soft System Methodolgy). Metode SSM ini digunakan untuk menggambarkan dan menggabungkan proses bisnis RSUD dengan proses bisnis OpenERP. Dengan adanya penerapan OpenERP modul accounting ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pencatatan akuntansi finansial pada Rumah Sakit Umum Daerah Al Ihsan. Saran untuk penelitian berikutnya adalah dapat mengembangkan modul akuntansi seperti account receivable dan manajemen anggaran. Kata Kunci: ERP, SSM, akuntansi keuangan, OpenERP, RSUD

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

perancangan sistem akuntansi finansial berbasis openerp dengan menggunakan metode soft system methodology (studi kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Al Ihsan)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATRIA NARENDRA WIBAWA
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, R. Wahjoe Witjaksono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini