PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PINTU AIR OTOMATIS PADA PERSAWAHAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

WAHYU TIRTA PRAWITA

Informasi Dasar

16.06.028
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pengawasan terhadap ketinggian air pada pintu air di persawahan itu merupakan pekerjaan yang tidak terlalu berat. Namun jika terjadi kelalaian dalam pengawasan akans angat merugikan bagi para petani. Karena pengawasan yang tidak terpantau pada pintu air yang menuju kepersawahan kemungkinan besar ketika curah hujan yang sangat tinggi sawah-sawah yang di garap oleh para petani akan tergenang oleh air sehingga menyebabkan gagal panen.

Proses perancanganPintu Air Otomatis di persawahanini yang akan digunakan adalah Perancangan rangkaian sensor ketinggian air, rangkaian system mikrokontroler dengan menggunakan ATmega328P, Rangkaian driver motor DC digunakan sebagai motor penggerak pintu air untuk membuka dan menutup, rangkaian alarm peringatan dengan menggunakan buzzer sebagai pertanda ketika air melebihi batas tinggi pintu air . Dengan didukung software dalam membuat program seperti altium ,autocad dan arduino .

Untuk mengantisipasi kelalaian dari pengawasan dan meningkatkan informasi ketinggian air maka dibuat sebuah alat Pengendali pintu air persawahan otomatis yang berbasis mikrokontroler, ketinggian pintu air sudah dapat diatur sesuai kenaikan debit air, serta pembuatan pintu air otomatis yang efektif Menggunakan potensio geser dan udara bertekanan yang berperan sebagai sensor untuk memberikan perintah menggerakan motor DC membuka dan menutup pintu.

Kata kunci :Pintu air persawahan, Mikrokontroler, Motor DC

Subjek

ELECTRONIC MOTORS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PINTU AIR OTOMATIS PADA PERSAWAHAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU TIRTA PRAWITA
Perorangan
Angga Rusdinar, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini