PEMANTAU DATA KEUANGAN LAUNDRY BERBASIS SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) GATEWAY

SUGENG PURWO WIDODO

Informasi Dasar

16.06.027
004.6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK Pada kebanyakan usaha laundry yang ada, untuk tanda bukti cucian masih menggunakan cara manual, yaitu mencatat menggunakan alat tulis dan bukti berupa nota. Hal itu sedikit mempersulit karyawan laundry karena harus mencatat setiap detail data transaksi. Kemudian beberapa pemilik laundry belum dapat memantau data keuangan setiap saat dikarenakan kesibukan lainnya. Sehingga diperlukan suatu aplikasi yang dapat mengelola keluar masuknya data transaksi dan keuangan pada laundry tersebut.

Maka pada proyek akhir ini dibuat suatu aplikasi laundry yang dapat mengelola data transaksi laundry menggunakan komputer, kemudian data tersebut dicetak dalam bentuk struk sebagai tanda bukti mencuci. Kemudian pada keadaan tertentu aplikasi akan mengirim informasi data keuangan laundry kepada pemilik laundry melalui pesan layanan singkat (SMS). Pembuatan aplikasi akan menggunakan Visual Basic 6.0 yang dapat terintegrasi dengan database MySql. Kemudian pengiriman pesan dari aplikasi ke pemilik laundry akan menggunakan SMS Gateway.

Dengan aplikasi ini proses transaksi menjadi lebih mudah karena aplikasi dapat mengitung total harga dan diskon untuk member secara otomatis. Kemudian pemantauan oleh pemilik laundry dipermudah dengan adanya fitur SMS otomatis yang mengirim data keuangan laundry. SMS akan terkirim otomatis jika data keuangan SMS telah mencapai trigger. SMS tersebut memiliki delay pengiriman rata – rata sebesar 14.5 detik dan tingkat keberhasilan pengiriman 100%.

Kata kunci : aplikasi, transaksi, keuangan, struk, SMS Gateway.

Subjek

DATA COMMUNICATIONS
 

Katalog

PEMANTAU DATA KEUANGAN LAUNDRY BERBASIS SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) GATEWAY
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SUGENG PURWO WIDODO
Perorangan
Sugeng Hadiyoso, Suci Aulia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini