OPTIMASI PELAYANAN JARINGAN 3G BERDASARKAN DRIVE TEST DI CIREBON

DICKY YULVARIZAL

Informasi Dasar

16.06.021
004.65
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Semakin berkembangnya zaman, tingkat kebutuhan manusia untuk berkomunikasi semakin besar. Tuntutan untuk menyediakan layanan yang terjamin walaupun dalam keadaan bergerak, menyebabkan operator harus mengoptimalkan performansi jaringan yang sudah ada. Dalam sistem komunikasi bergerak sering ditemukannya keluhan pelanggan yang tejadi akibat kurang baiknya level daya dan kualitas sinyal yang diterima.

Pada Proyek Akhir ini akan dilakukan analisa data jaringan 3G yang akan diperoleh dengan motede drive test. Hasil drive test ini akan dianalisa data jaringan 3G dengan mengacu kepada parameter RSCP (Receive Signal Code Power) dan Ec/No (Energy Carrier per Noise). RSCP merupakan nilai tingkat kekuatan sinyal yang diterima ponsel dan Ec/No merupakan nilai tingkat kualitas jalur koneksi pada jaringan 3G. Optimasi akan dilakukan dengan tujuan meningkatkan niali dari masing-masing parameter tersebut.

Hasil Proyek Akhir ini adalah mengoptimalkan jaringan kota Cirebon. Reazimuth, mechanical tilting dan electrical tilting merupakan rekomendasi yang dilakukan untuk mengoptimalkan jaringan tersebut. Setelah dilakukan optimasi diperoleh peningkatan nilai RSCP ? -90 dBm sebesar 1.42% dan nilai Ec/No ? -12 dB sebesar 14.62%.

Subjek

Optimization
 

Katalog

OPTIMASI PELAYANAN JARINGAN 3G BERDASARKAN DRIVE TEST DI CIREBON
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DICKY YULVARIZAL
Perorangan
Tri Nopiani Damavanti, Dadan Nur Ramadan.
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini