APLIKASI PERHITUNGAN PENENTUAN ARAH SECTORIZE DAN MONITORING KESEHATAN JARINGAN BTS DENGAN TEKNOLOGI GIS DAN FITUR NOTIFIKASI (STUDI KASUS: PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR)

SETYA SURYA PRATAMA

Informasi Dasar

16.06.016
004.65
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Tower Pemancar sinyal atau Base Transceiver Station (BTS) merupakan salah satu hal yang paling penting dalam dunia telekomunikasi, karena tower tersebutberfungsi sebagai sebuah tempat untuk menyimpan alat pemancar sinyal digital yang ditangkap oleh alat komunikasi seperti handphone. Tidak ada suatu tower yang berdiri tanpa sebuah pemancar sinyal berupa antena. Perusahaan telekomunikasi telah menghitungkan secara matang untuk memasang antena tersebut. Tidak sembarang perusahaan telekomunikasi memasang antena tersebut karena hal itu akan berdampak pada kualitas sinyal yang diterima oleh alat komunikasi. Terdapat perhitungan yang sangat komplek dalam pemasangan arah pemancar sinyal tersebut, yang digunakan untuk memonitoring kesehatan jaringannya. Proyek akhir ini akan membangun sebuah aplikasi yang dapat menghitung arah penentuan sektor dari pemancar sinyal dan memonitoring kesehatan jaringannya. Beberapa fitur seperti notifikasi tower pemancar sinyal yang bermasalah dan notifikasi perbaikan oleh petugas lapangan juga diterapkan dalam aplikasi ini. Selain itu juga aplikasi ini dapat mengelola data yang berkaitan dengan tower pemancar sinyal. Proyek akhir ini bertujuan untuk memberikan salah satu alternatif yang dapat membantu dalam perhitungan penentuan arah antena dan memonitoring kesehatan jaringannya. Perangkat lunak yang akan dibangun tidak membutuhkan pengetahuan tentang perhitungan, karena perhitungan tersebut telah diterapkan pada perangkat lunaknya.

Subjek

TELECOMMUNICATIONS
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN PENENTUAN ARAH SECTORIZE DAN MONITORING KESEHATAN JARINGAN BTS DENGAN TEKNOLOGI GIS DAN FITUR NOTIFIKASI (STUDI KASUS: PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SETYA SURYA PRATAMA
Perorangan
Tora Fahrudin, Andri Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini