ANALISIS PERBANDINGAN CAPITAL ASSET PRICING MODEL DAN ARBITRAGE PRICING THEORY DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM (Studi : Perusahaan di Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI)

IRIN TRIASTUTI

Informasi Dasar

16.05.009
332.6
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variabel market-risk-premium yang diukur dengan Capital Asset Pricing Model, dan pengaruh variabel-variabel makro ekonomi di antaranya suku bunga SBI, inflasi, kurs, dan IHSG yang diukur dengan Arbitrage Pricing Theory, serta untuk menunjukkan perbandingan keakuratan antara CAPM dan APT dalam memprediksi return saham perusahaan di sektor industri barang konsumsi di BEI yang masuk dalam indeks LQ45 periode 2009-2014 yang diukur berdasarkan hasil perhitungan Mean Absolut Deviation (MAD) dan diuji dengan independent sample t-test. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari website resmi BEI, website resmi Bank Indonesia, dan yahoo finance. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh lima sampel perusahaan. Selanjutnya, pengujian terhadap hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis linear sederhana, analisis linear berganda dengan bantuan software Eviews 7 serta independent sample t-test dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel market-risk-premium yang diukur dengan CAPM, dan variabel-variabel suku bunga SBI, inflasi, kurs, dan IHSG secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan dalam memprediksi return saham empat dari lima perusahaan sampel penelitian. Sedangkan hasil independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan akurasi yang signifikan antara CAPM dan APT. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata MAD, CAPM lebih akurat dibandingkan APT.

Kata kunci : Capital Asset Pricing Model (CAPM), Arbitrage Pricing Theory (APT), return saham, market-risk-premium, industri barang konsumsi.

Subjek

RETURN ON INVESTMENT-STOCKS
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN CAPITAL ASSET PRICING MODEL DAN ARBITRAGE PRICING THEORY DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM (Studi : Perusahaan di Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRIN TRIASTUTI
Perorangan
Norita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini