PEMAKNAAN COVER MAJALAH TEMPO (Analisis Semiotika Cover Majalah Tempo Edisi 2-8 Juni 2014 Yang Berjudul Robek Kocek Tamu Tuhan)

RYAN SHINDU PRADANA KASTOYO

Informasi Dasar

15.04.2301
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian yang berjudul “Pemaknaan Cover Majalah Tempo (Analisis Semiotika Cover Majalah Tempo Edisi 2-8 Juni 2014 Yang Berjudul Robek Kocek Tamu Tuhan) bertujuan untuk mengetahui makna dalam cover majalah Tempo edisi “Robek Kocek Tamu Tuhan” dilihat dari makna ilustrasi, teks dan warna pada cover majalah tersebut. Teori yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian penelitian kualitatif dengan paradigma kritis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa cover majalah edisi ini menunjukan sifat-sifat yang dimiliki oleh Suryadharma Ali yang dilihat dari penggambaran bentuk wajah pada ilustrasi, selain itu juga cover edisi ini menunjukan bahwa sosok Suryadharma Ali adalah sosok yang tamak dilihat dari ekpresi wajah pada ilustrasi. Kemudian dalam teks headline dan subheadline terlihat adanya unsur provokatif didalamnya yang berkaitan dengan ideologi yang dimiliki majalah Tempo. Selanjutnya warna hijau yang dominan dalam cover majalah edisi ini menekankan pada warna partai politik dari Suryadharma Ali.
Kesimpulan dari penelitian ini, elemen-elemen visual yang terdapat dalam cover majalah Tempo “Robek Kocek Tamu Tuhan” yang terdiri dari ilustrasi, teks dan warna memiliki makna yang terkandung didalamnya.

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

PEMAKNAAN COVER MAJALAH TEMPO (Analisis Semiotika Cover Majalah Tempo Edisi 2-8 Juni 2014 Yang Berjudul Robek Kocek Tamu Tuhan)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYAN SHINDU PRADANA KASTOYO
Perorangan
Freddy Yusanto, Catur Nugroho,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini