PENGARUH RETURN ON ASSET, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

YONIDA FAUZIA PRADINI

Informasi Dasar

15.04.2252
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return on Asset, Debt to Equity Ratio, dan Current Ratio terhadap Rasio Pembayaran Dividen perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel independen yaitu Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Current Ratio dan 1 variabel dependen yaitu rasio pembayaran dividen. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013, dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 30 perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan bahwa Return on Asset, Debt to Equity Ratio, dan Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Rasio Pembayaran Dividen. Dengan nilai R2 sebesar 89,80% dan 10,2% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam model. Hasil penelitian ini juga menunjukkan secara parsial bahwa Return on Asset berpengaruh signifikan terhadap Rasio Pembayaran Dividen. Debt To Equity Ratio dan Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Rasio Pembayaran Dividen.

Kata kunci: Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Current Ratio, dan Rasio Pembayaran Dividen

Subjek

INVESTMENT
RETURN ON INVESTMENT,

Katalog

PENGARUH RETURN ON ASSET, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YONIDA FAUZIA PRADINI
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini