PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK MIGRASI DATA LINTAS DBMS DENGAN JAVA (Studi Kasus: Microsoft Access dan Oracle)

RIZKY ADITYA PERDANA

Informasi Dasar

15.06.628
001.64
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada proses pengembangan perangkat lunak biasanya terdapat beberapa kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna, dan seringkali resource yang ada tidak mencukupi untuk mengimplementasikan kebutuhan – kebutuhan tersebut sehingga pihak developer harus mencari jalan keluar untuk dapat mengimplementasikan kebutuhan pengguna. Untuk kasus dimana resource yang tidak mencukupi adalah DBMS, maka developer harus melakukan proses migrasi data untuk memindahkan record yang telah ada kedalam DBMS baru. Migrasi data sendiri merupakan proses memindahkan data dari suatu konteks ke konteks lainnya. Konteks tersebut dapat berupa platform teknologi, struktur data, format data, ataupun lokasi. Pada kenyataannya proses migrasi data saat ini masih menggunakan bantuan tools atau sintaks tertentu yang membutuhkan pemahaman lebih jauh tentang penggunaan sintaks untuk migrasi data. Proyek akhir ini bertujuan untuk membangun sebuah perangkat lunak yang dapat menjadi alternatif dalam proses migrasi data dua arah atara DBMS Microsoft Access dan DBMS Oracle. Perangkat lunak yang akan dibangun tidak membutuhkan pemahaman tentang sintaks tetapi memerlukan pemahaman tentang proses migrasi data. Beberapa fitur dalam perangkat lunak ini seperti membuat schema baru, melihat struktur tabel, melakukan migrasi data secara keseluruhan atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, menampilkan histori migrasi data dan menyimpannya jika diinginkan, serta menyimpan dan memuat konfigurasi yang telah dilakukan sebelumnya oleh pengguna.

Kata Kunci: Migrasi Data, DBMS (Database Management System)

Subjek

DATA MIGRATION
 

Katalog

PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK MIGRASI DATA LINTAS DBMS DENGAN JAVA (Studi Kasus: Microsoft Access dan Oracle)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY ADITYA PERDANA
Perorangan
Wahyu Hidayat, Dahliar Ananda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini