PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH AQUA INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(Studi Kasus pada Mahasiswa/i Universitas Telkom Bandung Tahun 2015)

FRILANATA PUTERA YUWONO

Informasi Dasar

15.06.595
658.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perkembangan usaha air minum dalam kemasan AMDK di Indonesia semakin berkembang dengan pesat. Banyaknya pengusaha-pengusaha baru yang memulai bisnisnya di dunia AMDK semakin memperketat persaingan dalam usaha ini. Persaingan yang begitu ketat antar perusahaan air minum, diharapkan perusahaan harus mampu bertahan hidup dan dapat terus berkembang. Teknologi Internet seperti media sosial saat ini sering di manfaatkan oleh konsumen saat melakukan pencarian informasi, memberikan pendapatnya mengenai suatu produk atau objek. Hal ini disadari oleh salah satu bisnis minum dalam kemasan AMDK, yaitu Aqua Indonesia dengan melihat perilaku konsumen yang sering menggunakan media sosial seperti twitter dalam proses pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth melalui twitter terhadap keputusan pembelian konsumen Aqua Indonesia. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data melalui kuesioner. Uji data melalui uji validitas, reliabilitas, dan normalitas. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan pengambilan sampel yaitu Mahasiswa/i Universitas Telkom Bandung yang menjadi followers twitter Aqua Indonesia. Berdasarkan hasil uji hipotesis pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian Aqua Indonesia, variabel eWOM (X) memiliki pengaruh yang signifikan sebesar thitung(4,489) > ttabel (1,66), Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil Y = 27,916 + 0,500X. Berdasarkan uji koefisien determinasi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa eWOM memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan persentase sebesar 17,1% sedangkan sisanya sebesar 82,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti pada penelitian ini.

Kata Kunci : Pemasaran, electronic word of mouth, Keputusan pembelian

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH AQUA INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(Studi Kasus pada Mahasiswa/i Universitas Telkom Bandung Tahun 2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRILANATA PUTERA YUWONO
Perorangan
Widya Sastika
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini