MAKNA SIMBOL ILLUMINATI DALAM VIDEO KLIP “DIE YOUNG” (Studi Analisis Semiotika John Fiske mengenai Makna Simbol Illuminati dalam Video Klip “Die Young” yang dipopulerkan oleh Ke$ha)

WINDA YUNITA LESTARI

Informasi Dasar

15.04.2212
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Video klip Die Young yang dipopulerkan oleh Ke$ha mengandung simbol-simbol yang berhubungan dengan simbol Illuminati. Simbol-simbol ini dimasukkan sebagai alat untuk mensosialisasikan tujuan dari kelompok Illuminati. Hal ini menjadi daya tarik peneliti untuk meneliti video klip yang berhubungan dengan simbol Illuminati. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana makna simbol Illuminati dalam video klip “Die Young”. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan semiotika John Fiske. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh John Fiske yaitu kode-kode televisi yang dibagi menjadi tiga level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada level realitas adalah Ke$ha mencoba untuk mendekatkan diri dengan para penonton dengan memperlihatkan bentuk-bentuk simbol tersebut, ia juga mencoba untuk mengagungkan dan meninggikan setiap simbol yang ada di video klip ini. Pada level representasi adalah simbol Illuminati ingin memiliki kedekatan kepada para penonton, simbol Illuminati identik dengan kekuatan, misteri dan keseriusan dan simbol Illuminati ingin dilihat dekat dan menjadi pusat perhatian bagi para penonton yang melihat video klip ini. Dan pada level ideologi adalah ideologi yang terdapat didalam setiap scene yang memperlihatkan simbol Illuminati dipandang negatif, karena simbol-simbol tersebut dibangun berdasarkan ideologi untuk mengagungkan sekaligus mendominasi simbol Illuminati dan untuk mendoktrin para penonton.

Kata Kunci: simbol, symbol illuminati, video klip, john fiske, semiotika

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

MAKNA SIMBOL ILLUMINATI DALAM VIDEO KLIP “DIE YOUNG” (Studi Analisis Semiotika John Fiske mengenai Makna Simbol Illuminati dalam Video Klip “Die Young” yang dipopulerkan oleh Ke$ha)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDA YUNITA LESTARI
Perorangan
Freddy Yusanto, Agus Aprianti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini