HEGEMONI BAHASA INGGRIS DALAM SLOGAN PERGURUAN TINGGI (ANALISIS WACANA KRITIS FAIRCLOUGH PADA SLOGAN UNIVERSITAS TELKOM "CREATING THE FUTURE" DAN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA "QUALITY IS OUR TRADITION")

DIAN KRISTIANI SAMOSIR P

Informasi Dasar

15.04.2179
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diresmikan sebagai bahasaInternasional. Di Negara seperti Singapuradan Australia bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa untuk berkomunikasi sehari-hari. Penggunaan bahasa Inggris telah mempengaruhi aspek pendidikan, khususnya terhadap slogan universitas yang digunakan sebagai identitas diri. Dibalik slogan ini terdapat kekuatan-kekuatan dari hegemoni bahasa Inggris yang dapat diteliti. Tujuan dari penlitian ini adalah, mendeskripsikan aspek linguistik yang digunakan dalam mereprentasikan slogan Universitas, hubungan antara pembuat teks slogan dan aspek linguistik yang dihasilkan dan situasi sosial dan budaya yang melatarbelakangi aspek linguistik yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model Norman fairclough yang meliputi ketiga analisis di atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek linguistik yang berupa diksi dan bentuk kata dalam slogan Universitas Telkom dan Universitas Komputer Indonesia adalah bagian dari bentuk pencitraan positif. Slogan Universitas Telkom dan Universitas Komputer Indonesia disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan dari universitas. Slogan ini berkaitandengan ideologi kapitalisme yang dianut oleh Universitas Telkom dan Universitas Komputer Indonesia, sehingga menunjukkan penggunaan bahasa Inggris dalam slogan merupakan pengaruh dari globalisasi dan westernisasi.

Kata Kunci: Universitas Telkom, Universitas Komputer Indonesia, Slogan, Analisis Wacana Kritis Fairclough, Kapitalisme

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

HEGEMONI BAHASA INGGRIS DALAM SLOGAN PERGURUAN TINGGI (ANALISIS WACANA KRITIS FAIRCLOUGH PADA SLOGAN UNIVERSITAS TELKOM "CREATING THE FUTURE" DAN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA "QUALITY IS OUR TRADITION")
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN KRISTIANI SAMOSIR P
Perorangan
Iis Kurnia Nurhayati, Syarif Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini