Mengungkap Makna Kepemimpinan Kim Jong-un dalam Film The Interview (Studi Analisis Semiotika John Fiske dalam Film The Interview)

BELLA OLIVIA UTAMI

Informasi Dasar

15.04.2176
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Amerika merupakan industri perfilman dunia. Salah satu film yang diproduksi oleh Amerika adalah The Interview. Film The Interview menceritakan seorang pemimpin dari negara Korea Utara yaitu, Kim Jong-un. Korea Utara menentang keras dan mengkritik film The Interview karena dianggap sebagai penghinaan terhadap kedaulatan negara serta kepemimpinan seorang Kim Jong-un. Hal tersebut menarik untuk diangkat ke dalam penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap makna kepemimpinan Kim Jong-un dalam film The Interview. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika John Fiske. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh John Fiske yaitu, kode-kode televisi yang dibagi menjadi tiga level, di antaranya adalah level realitas, level representasi dan ideologi. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan otoriter pada level realitas ditunjukkan melalui tanda berupa kostum, ekspresi, dan gestur. Sedangkan pada level representasi, kepemimpinan otoriter ditunjukkan melalui pemaknaan tanda berupa kamera, setting, dialog, dan karakter. Alur cerita film The Interview memperlihatkan Korea Utara menganut ideologi komunisme.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Film, John Fiske, Semiotika

Subjek

SEMIOTICS
LEADERSHIP,

Katalog

Mengungkap Makna Kepemimpinan Kim Jong-un dalam Film The Interview (Studi Analisis Semiotika John Fiske dalam Film The Interview)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BELLA OLIVIA UTAMI
Perorangan
Freddy Yusanto, Rana Akbari Fitriawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini