ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI (STUDI PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA BANDUNG)

NADIAILHAQ NURSHABRINA

Informasi Dasar

15.04.2153
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era global saat ini semua hal dapat saling terhubung karena didukung oleh perkembangan teknologi informasi yang pesat. Hal ini menyebabkan meningkatnya ancaman terhadap keamanan informasi dilihat dari jumlah maupun dari tingkat kecanggihannya. Tujuan yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut : untuk mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat adanya manajemen keamanan informasi di perguruan tinggi. Variabel-variabel yang mempengaruhi adanya manajemen keamanan informasi dibagi menjadi lima yaitu awareness, management support, budget, security policy, and organization mission. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode penerapan analisis faktor. Populasi dalam penelitian ini adalah perguruan tinggi yang ada di kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis faktor, maka terbentuk dua faktor, yaitu faktor pertama dengan variabel awareness, budget, information security policy, dan top management support, dan faktor kedua dengan variabel organization mission. Jika ingin implementasi manajemen keamanan informasi berhasil maka perguruan tinggi harus melaksanakan semua variabel dari faktor pertama (awareness, budget, information security policy, dan top management support). Karena faktor pertama mempunyai pengaruh yang besar terhadap implementasi manajemen keamanan informasi.

Kata kunci : Manajemen Keamanan Informasi, Keamanan Informasi, Analisis Faktor, Faktor yang Mempengaruhi

Subjek

DATA SECURITY
MIS

Katalog

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI (STUDI PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIAILHAQ NURSHABRINA
Perorangan
Puspita Kencana Sari, Candiwan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini