Analisis Penerimaan Perpustakaan Digital Telkom Open Library dengan Menggunakan Model Modifikasi UTAUT (Studi Kasus pada Universitas Telkom 2015)

MUHAMAD AFIF DWIHARNANTO

Informasi Dasar

15.04.2138
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penerapan layanan perpustakaan digital Telkom Open Library memang sudah dilakukan sejak lama, tetapi masih sedikit riset yang dilakukan mengenai layanan ini sehingga tidak diketahui apakah layanan ini bermanfaat secara optimal dalam penerapannya. Padahal Perpustakaan Universitas Telkom sebagai penyedia layanan menginginkan untuk terus mengembangkan pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai penerimaan mahasiswa terhadap perpustakaan digital di Perpustakaan Universitas Telkom menggunakan model modifikasi UTAUT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menerima perpustakaan digital Telkom Open Library. Pada penelitian ini variabel yang akan diteliti adalah performance expectancy, effort expectancy, information quality, service quality, behavioral intention, serta use behavior. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 392 mahasiswa pengguna perpustakaan digital. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode insidential sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan penyebaran kuesioner melalui media komunikasi berbasis internet seperti media sosial. Penganalisisan data menggunakan regresi berganda dan regresi sederhana dengan software SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa performance expectancy, information quality, dan service quality memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention, serta behavioral intention memiliki pengaruh signifikan terhadap use behavior perpustakaan digital Telkom Open Library. Sedangkan effort expectancy tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention. Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan mahasiswa dalam menimbulkan niat untuk menggunakan perpustakaan digital adalah performance expectancy, information quality, dan service quality. Serta faktor yang mempengaruhi penerimaan mahasiswa dalam menggunakan perpustakaan digital adalah behavioral intention. Saran yang diajukkan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan perpustakaan digital dapat dijadikan acuan dalam pengembangan sistem kedepannya agar sistem dapat lebih optimal. Pada penelitian selanjutnya dapat meneliti pegawai perpustakaan sebagai pengguna perpustakaan digital Telkom Open Library, karena pegawai perpustakaan memiliki peran dan tujuan yang berbeda dengan mahasiswa saat menggunakan perpustakaan digital Telkom Open Library.

Kata Kunci: manajemen operasi, penerimaan teknologi, UTAUT

Subjek

TECHNOLOGY ACCEPTANCE
INFORMATION SYSTEM

Katalog

Analisis Penerimaan Perpustakaan Digital Telkom Open Library dengan Menggunakan Model Modifikasi UTAUT (Studi Kasus pada Universitas Telkom 2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD AFIF DWIHARNANTO
Perorangan
Khairani R. Siregar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini