FORMULASI DAN PEMILIHAN STRATEGI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS PADA PENYELENGGARA JASA INTERNET NETHOST DI DAYEUH KOLOT, KABUPATEN BANDUNG)

STEFANUS PAKPAHAN

Informasi Dasar

15.04.2103
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagai salah satu perusahaan di industri penyedia layanan internet yang melayani layanan internet dedicated, NETHOST menghadapi persaingan dengan perusahaan skala besar dan kecil. Dalam lingkungan bisnis, perusahaan yang dapat berjuang dalam bisnis adalah perusahaan yang memiliki proses pada internal yang dapat mengelola sistem, budaya organisasi, strategi dan birokrasi dan memungkinkan perusahaan untuk bertahan hidup bersaing di industri. Kebutuhan untuk beradaptasi dengan perubahan yang konstan memerlukan definisi yang jelas dari strategi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan dan memilih perencanaan strategi yang tepat untuk mengembangkan NETHOST dan menentukan prioritas strategi pengembangan perusahaan yang dapat diterapkan oleh NETHOST menggunakan QSPM, untuk meningkatkan posisi kompetitif sebagai penyedia layanan internet. Penelitian pada pengembangan perencanaan strategis di NETHOST akan dimulai dengan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal dan termasuk IE Matrix. Analisis dilakukan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh NETHOST.

Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner yang dibagikan kepada 3 informan dengan tatap muka. Ketiga informan dipilih berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam perusahaan. Mereka mengambil bagian sebagai manajemen puncak yang memegang kunci perusahaan.

Kredibilitas dan reliabilitas pengolahan data dilakukan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik triangulasi sumber data itu sendiri bertujuan untuk membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Semua informan dalam penelitian ini adalah manager.

Analisis faktor internal dan eksternal telah digunakan untuk menentukan posisi perusahaan saat ini yang berada pada kuadran V matriks IE (posisi dan strategi yang dapat diterapkan kuat menahan dan mempertahankan strategi). Penyusunan strategi akan mulai dengan menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari NETHOST menggunakan matriks SWOT. SWOT matriks telah menghasilkan 22 alternatif strategi. General Manager memilih 18 strategi yang relevan dan dapat diimplementasikan di perusahaan. Berdasarkan penelitian ini, strategi yang tepat dengan Matriks IE dan juga menjadi tujuan penelitian ini terdapat 9 strategi. Kemudian, berdasarkan Metode QSPM, hasil analisis matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi untuk meningkatkan kualitas layanan dan menciptakan diferensiasi yang unik harus dipilih sebagai prioritas utama oleh NETHOST dengan nilai TAS tertinggi 6,328

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
PLANNING

Katalog

FORMULASI DAN PEMILIHAN STRATEGI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS PADA PENYELENGGARA JASA INTERNET NETHOST DI DAYEUH KOLOT, KABUPATEN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

STEFANUS PAKPAHAN
Perorangan
Tarcisius T. Sipayung
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini