IDENTIFIKASI AKTOR BERPENGARUH UNTUK ANALISIS DISEMINASI INFORMASI PADA TWITTER KOMUNITAS @iphonemalang

ERRY RAMADANI CAHYANINGRUM

Informasi Dasar

15.04.2101
302.302 85
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Interaksi antar pengguna dalam komunitas online dapat dipelajari dengan Social Network Analysis untuk mengetahui influencer serta topik interaksi yang terjadi antar anggota. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola interaksi dan menemukan influencer yang berperan dalam diseminasi informasi komunitas @iphonemalang.

Penelitian menggunakan pengukuran centrality untuk melihat aktor yang berperan dalam komunitas dengan melakukan perhitungan value dan rank melalui degree centrality, betweeness centrality dan closeness centrality serta pemetaan topik percakapan dalam jaringan komunitas @iphonemalang menggunakan software NodeXL 1.0.1.341.

Pengumpulan data menggunakan data online, di dapatkan dari interaksi anggota dalam twitter komunitas pada bulan Agustus 2015 dengan membatasi pengambilan data jaringan menggunakan keyword @iphonemalang.

Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui pola interaksi pada jaringan komunitas @iphonemalang terjadi dengan tipe directed network dan penentuan rank pada nilai degree centrality, betweeness centrality serta closeness centrality. Selain pengolahan nilai centrality dilakukan juga pemetaan terhadap topik percakapan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pola interaksi antara 43 akun didominasi oleh hazenstore, jubelmalang, imalang, albertazumbi, jubeljatim, dan jubelnesia yang berperan sebagai influencer. Diseminasi informasi yang terjadi melalui mention dan replies terhadap tweet jual & beli produk idevice dalam pola interaksi.

Kata Kunci: Komunitas Online; Social Network Analysis; centrality; influencer; iphonemalang

Subjek

ONLINE SOCIAL NETWORKS-ECONOMIC ASPECTS
 

Katalog

IDENTIFIKASI AKTOR BERPENGARUH UNTUK ANALISIS DISEMINASI INFORMASI PADA TWITTER KOMUNITAS @iphonemalang
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERRY RAMADANI CAHYANINGRUM
Perorangan
Dini Turipanam Alamanda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini