PENGARUH REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN DISCLOUSURE TERHADAP OPINI GOING CONCERN (STUDI PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014)

UMAR BAGUS ARROSYID

Informasi Dasar

15.04.2070
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Opini going concern merupakan opini yang dikeluarkan auditor karena terdapat keraguan yang besar tentang kemampuan perusahaan mempertahankan kelansungan hidupnya. Pentingnya opini auditor yang berkaitan dengan keberlangsungan hidup (going concern) suatu perusahaan, merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi manajemen, kreditur, investor, dll (stakeholder). Dalam penelitian ini sektor yang akan menjadi obyek penelitian adalah perusahaan-perusahaan property dan real estate yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi opini going concern, yaitu; reputasi kantor akuntan publik dan disclousure. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan tahunan dari perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010 sampai 2014. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 5 tahun sehingga didapat 40 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa reputasi kantor akuntan public dan disclousure secara simultan berpengaruh signifikan terhadap opini going concern. Sedangkan secara parsial reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap opini going concern dan disclousure berpengaruh signifikan terhadap opini going concern.

Kata Kunci : Reputasi KAP, Disclousure, Opini Going Concern

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN DISCLOUSURE TERHADAP OPINI GOING CONCERN (STUDI PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UMAR BAGUS ARROSYID
Perorangan
Leny suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini