PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014)

SISILIA CHRISTI

Informasi Dasar

15.04.2053
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Struktur modal menjadi fokus utama bagi perusahaan karena baik buruknya struktur modal dapat mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Apabila, struktur modal yang digunakan berasal dari pendanaan eksternal yaitu hutang akan meningkatkan resiko gagal bayar dimasa mendatang. Terlalu banyak hutang akan dapat menghambat perkembangan perusahaan yang juga akan membuat pemegang saham berpikir dua kali untuk menanamkan modalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap sturktur modal pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling berdasarkan kriteria perusahaan pertambangan yang selalu terdaftar di terdaftar di BEI dan mempublikasikan laporan keuangan serta menyajikan datanya secara lengkap mencangkup data dari variabel yang telah diteliti selama periode penelitian (2010-2014), sehingga diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel menggunakan program Eviews. Hasil penelitian ini menyimpulkan struktur aktiva (Tangibility Asset Ratio) tidak berpengaruh terhadap struktur modal, ukuran perusahaan (SIZE) dan profitabilitas (Return on Asset) berpengaruh negatif terhadap struktur modal.

Kata kunci : Struktur Aktiva (Tangibility Asset Ratio), Ukuran Perusahaan (SIZE), Profitabilitas (Retur on Asset/ROA), Struktur Modal (Debt to Asset Ratio/DAR)

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SISILIA CHRISTI
Perorangan
Farida titik kristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini