PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Batubara yang Tercatat di BEI Tahun 2011–2013)

RYAN CONDRO SAPUTRO

Informasi Dasar

15.04.2030
657.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keputusan untuk memilih sumber pendanaan yang paling baik bagi perusahaan memerlukan analisa seksama dari manajer keuangan perusahaan. Kebijakan utang merupakan salah satu keputusan pendanaan yang penting bagi perusahaan yang harus selalu dipertimbangkan agar laporan keuangan perusahaan menjadi optimal. Laporan keuangan yang baik akan meningkatkan reputasi perusahaan hal tersebut menciptakan kepercayaan semua pihak terkait seperti investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap kebijakan utang baik secara simultan maupun parsial Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pertambangan subsektor batubara yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 perusahaan pertahun, dan total sampel selama periode penelitian sebanyak 30 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode analisis data regresi data panel menggunakan eviews 8.1. Hasil penelitian ini yaitu struktur aktiva, profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh secara simultan terhadap kebijakan utang. Secara parsial variabel kebijakan dividen dengan arah negatif berpengaruh terhadap kebijakan utang, sedangkan struktur aktiva dengan arah positif dan profitabilitas dengan arah negatif tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang.

Kata Kunci : Struktur Aktiva, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Batubara yang Tercatat di BEI Tahun 2011–2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYAN CONDRO SAPUTRO
Perorangan
Willy Sri Yuliandhari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini