PENGGUNAAN SENTIMENT ANALYSIS BERDASARKAN APPRAISAL THEORY UNTUK MARKETING INTELLIGENCE (STUDI KASUS : LUMIA DAN XPERIA)

WIDITA RAHMAH

Informasi Dasar

15.04.2002
658.83
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Internet telah menjadi platform yang sangat kuat yang telah mengubah paradigma dalam berkomunikasi dan berbisnis. Indonesia memiliki perkembangan internet cukup tinggi, menduduki peringkat empat sebagai Asia Top Internet Countries. Di Indonesia, salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah Twitter, penetrasi Twitter di Indonesia adalah sebesar 11% dari total populasi yang memiliki akun aktif diberbagai jaringan sosial seperti Facebook, Whatsapp, Facebook Messenger, Google +, Linkedin, Intagram, Skype, Pinterest, dan Line. Melihat besarnya potensi media sosial, dan pertumbuhan kepopuleran Twitter dalam sebuah jaringan sosial, ketertarikan untuk menganalisa dan mempelajari jaringan dan konten didalamnya telah meningkat. Sentiment analysis juga disebut opinion mining, merupakan bidang studi yang menganalisis pendapat orang, sentimen, evaluasi, penilaian, sikap, dan emosi terhadap entitas sebuah produk, jasa, organisasi, individu, masalah, peristiwa dan topik, bahkan sentiment analysis saat ini menjadi pusat penelitian di media sosial, pemrosesan sentiment analysis berdasarkan appraisal theory yang menggambarkan jenis bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi emosi dan pendapat. Penilaian sentiment berdasarkan appraisal dan target yang berada didalam twitter berbahasa Indonesia, penelitian ini berfokus pada hasil sentimen dan perbandingan dua produk smartphone yaitu Lumia dan Xperia. Jenis interaksi di media sosial menawarkan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk marketing Intelligence, dimana sumber untuk mendapat marketing intelligence dapat diperoleh dari internet salah satunya adalah public blogs seperti twitter untuk mengetahui mengenai sentimen konsumen didalamnya. Hasil Sentiment Analysis akan diperbandingkan untuk mengetahui hasil sentimen kedua produk tersebut, berupa sentimen negatif dan positif. Berdasarkan penghitungan yang dilakukan, produk Lumia memiliki hasil yang lebih positif dibandingkan dengan produk Xperia.

Kata kunci: Sentiment Analysis, Appraisal Theory, Marketing Intelligence, Lumia, Xperia.

Subjek

MARKETING RESEARCH
 

Katalog

PENGGUNAAN SENTIMENT ANALYSIS BERDASARKAN APPRAISAL THEORY UNTUK MARKETING INTELLIGENCE (STUDI KASUS : LUMIA DAN XPERIA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIDITA RAHMAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini