PERANCANGAN DAN REALISASI ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK PENGANGKUT SAMPAH OTOMATIS (DESIGN AND REALIZATION LINE FOLLOWER ROBOT FOR AUTOMATIC GARBAGE CARRIER)

HEBI JAYA WAHYUDI

Informasi Dasar

15.06.522
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Melihat kondisi dilapangan saat ini terkadang masih banyak sekali kendaraan pengangkut sampah yang terlihat mengangkut beban yang melebihi batas angkutnya. Namun terkadang masih ada kendaraan pengangkut sampah yang membawa sampah kurang dari kapasitasnya. Hal ini disebabkan karena setiap hari produksi sampah dari setiap individu atau kelompok di suatu lokasi bervariatif dan sistem pengangktan sampah yang ada lebih beracuan kepada waktu bukan berdasarkan kapasitas. Sehingga dibutuhkan sebuah solusi untuk menangani permasalahan tersebut. Pada Proyek Akhir ini dirancang dan realisasi sebuah sistem pengangkut sampah otomatis yang terintegrasi dengan robot line follower. Pada robot ini terdapat sebuah conveyor yang digunakan untuk membuang sampah secara otomatis. Lalu untuk menentukan posisi pembuangan akhir maupun lokasi awal dengan Radio Frequency Identification (RFID).Untuk detektor kapasitas menggunakan LED yang dipancarkan ke Light Dependent Resistor (LDR) pada beberapa titik pada tempat sampah. Sehingga ketika sampah sudah penuh conveyor akan bergerak untuk memebuang sampah yang ada pada tempat pembuangan akhir sampah. Hasil dari Proyek akhir ini robot line follower dapat mengangkut sampah ke tempat pembuangangan akhir sampah dengan sensor detektor kapasitas dengan beban maksimal yang dapat diangkut 7 kg. Lalu untuk mendeteksi letak tempat pembuangan akhir menggunakan tag RFID dengan prosentase error pembacaan sebesar 10%. Kata kunci: robot line follower, sampah, conveyor, RFID, LDR

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ROBOT LINE FOLLOWER UNTUK PENGANGKUT SAMPAH OTOMATIS (DESIGN AND REALIZATION LINE FOLLOWER ROBOT FOR AUTOMATIC GARBAGE CARRIER)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HEBI JAYA WAHYUDI
Perorangan
Angga Rusdinar, Yuli Sun Hariyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini