IMPLEMENTASI NETWORK ATTACHED STORAGE (NAS) UNTUK DIGITAL LIBRARY SMK PRAKARYA INTERNASIONAL BANDUNG

FAISHOL SHAVALAS CHOIRI RIZAL

Informasi Dasar

15.06.517
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

SMK Prakarya Internasional Bandung memiliki sebuah perpustakaan konvensional, yaitu sebuah perpustakaan yang memiliki buku-buku yang diletakkan dalam rak-rak. Namun dengan seiring perkembangan zaman, referensi-referensi pendidikan mulai banyak yang berbentuk softfile. Selama ini, untuk membagi softfile tersebut ke para pelajar, selalu dengan menggunakan flashdisk. Hal ini sangat merepotkan karena jumlah siswa yang banyak. Untuk itu, muncul sebuah ide untuk membangun NAS sebagai media penyimpanan virtual yang bisa diakses melalui internet.

NAS ini kemudian di integrasikan dengan sebuah website digital library. Proyek Akhir ini bertujuan untuk membangun NAS tersebut. NAS dibangun dengan OS FreeNAS yang di install pada salah satu komputer perpustakaan. Komputer server tersebut kemudian disambungkan dengan jaringan lokal SMK PI, sehingga FreeNAS tidak hanya bisa diakses diperpustakaan saja, namun juga bisa diakses di seluruh gedung.

Performansi NAS ditunjukkan melalui beberapa parameter, yaitu bandwidth, CPU Usage, System Load, serta jumlah maksimal user yang mampu ditampung dalam satu waktu. Hasil pengukuran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bandwidth bernilai antara 1 sampai 12 Mbit/sec, CPU Usage dengan rata-rata 1%, System Load dengan rata-rata 0,06, serta simulasi jumlah maksimal user yang mampu ditampung oleh server menggunakan jmeter, dengan hasil maksimal 400 user dalam satu waktu.

Kata Kunci : Digital Library, FreeNAS, Bandwidth, CPU Usage, System Load

Subjek

NETWORKS TELECOMMUNICATIONS
 

Katalog

IMPLEMENTASI NETWORK ATTACHED STORAGE (NAS) UNTUK DIGITAL LIBRARY SMK PRAKARYA INTERNASIONAL BANDUNG
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAISHOL SHAVALAS CHOIRI RIZAL
Perorangan
Indrarini Dyah Irawati, Rohmat Tulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini