implementasi transmisi sinyal menggunakan openbts-umts v 1.0

SAHEB ADIN

Informasi Dasar

15.06.510
003.3
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Teknologi komunikasi merupakan aspek yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat saat ini. Dengan kondisi demikan, pada saat ini kenyataan operator selular yang ada masih belum mampu menyediakan coverage yang menyeluruh serta memadai bagi seluruh masyarakat. Beberapa BTS selular masih belum merata dan belum terjangkau di kawasan terpencil.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa teknologi yang dapat digunakan. Salah satunya adalah OpenBTS-UMTS dengan menggunakan radio board USRP B210, N210. OpenBTS mampu menjadi alternative dari beberapa fungsi BTS. Namun pembangunan OpenBTS-UMTS membutuhkan ruang kosong pada suatu frekuensi.

Dengan adanya OpenBTS-UMTS yang telah diuji pada proyek akhir ini, terlihat bahwa OpenBTS-UMTS berhasil melakukan transmit sinyal W-CDMA (3G) pada frekuensi uji coba. Pengujian transmisi sinyal menghasilkan log sinyal pada area uji coba. Yang menunjukan pengujian terhadap OpenBTS-UMTS dan diperoleh hasil sebagai berikut: mengetahui ruang kosong sinyal W-CDMA (3G) pada frekuensi 905Mhz yang belum tercover oleh BTS operator selular, transmisi sinyal W-CDMA (3G) OpenBTS-UMTS pada frekuensi 905Mhz dan mengetahui kualitas sinyal W-CDMA (3G) yang dihasilkan.

Subjek

COMPUTER ENGINEERING
 

Katalog

implementasi transmisi sinyal menggunakan openbts-umts v 1.0
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAHEB ADIN
Perorangan
Gita Indah Hapsari, Moch. Fahru Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini