KOMUNIKASI CYBER CSR: ANALISIS ISI PADA OFFICIAL WEBSITE PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT & BANTEN

NISA DWI SAPUTRI

Informasi Dasar

15.04.1952
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era persaingan global, perusahaan tidak hanya bertujuan untuk memaksimalkan profit, namun mengantisipasi harapan stakeholders dengan melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR). CSR merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik. Stakeholders memiliki kekuatan untuk menilai reputasi berdasarkan informasi CSR perusahaan. Komunikasi CSR adalah proses mengantisipasi harapan stakeholders, artikulasi terhadap kebijakan CSR, dan menata berbagai media komunikasi perusahaan untuk mengelola informasi CSR yang benar dan transparan (Podnar dalam Nwagbara dan Reid, 2013: 409-410). Di era digital, official website merupakan salah satu media komunikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan CSR. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk merupakan bank emiten yang mengkomunikasikan CSR dengan mengalokasikan menu khusus CSR pada official website.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi cyber CSR yang dilakukan oleh Bank BJB pada official website. Penelitian ini menelaah analisis isi pesan CSR, penyajian informasi CSR, dan pola komunikasi CSR pada official website perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi untuk menganalisis teks yang memuat informasi CSR Bank BJB pada official website, analisis teks dilakukan dengan menggunakan teknik studi dokumentasi untuk mengumpulkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi pesan CSR pada official website Bank BJB tidak memenuhi prinsip transparansi dan konsistensi yang dianjurkan oleh guidenlines Global Reporting Initiative. Bank BJB tidak membangun reputasi melalui komunikasi cyber CSR yang dikelola pada official website, reputasi perusahaan yang dibangun oleh Bank BJB terkesan dipengaruhi oleh faktor-faktor kontekstual sebagai perbankan daerah yang telah go public. Dilihat dari penyajian informasi, official website Bank BJB memiliki kemampuan yang sangat rendah dalam menyajikan informasi CSR. Pola komunikasi CSR Bank BJB merupakan komunikasi model public information, komunikasi CSR Bank BJB pada official website bersifat one asymmetrical communication, sebagaimana official website hanya didominasi oleh perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, cyber CSR, komunikasi, official website, analisis isi

Subjek

Skripsi
KARYA ILMIAH,

Katalog

KOMUNIKASI CYBER CSR: ANALISIS ISI PADA OFFICIAL WEBSITE PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT & BANTEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NISA DWI SAPUTRI
Perorangan
Ira Dwi Mayangsari, Dedi Kurnia Syah Putra
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini