IMPLEMENTASI KLUSTER KOMPUTER UNTUK EKSEKUSI ALGORITMA MACHINE LEARNING MENGGUNAKAN APACHE MAHOUT DAN HADOOP

MOHAMAD NAUFAL IHSAN

Informasi Dasar

15.06.489
005.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Saat ini teknologi server terus berkembang, demikian juga teknologi kluster komputer untuk berbagai keperluan dalam pengolahan data. Dengan hal ini penulis membuat komputer kluster serta mempelajari keunggulan komputer kluster untuk mengeksekusi algoritma machine learning. Dengan demikian dengan hadirnya komputer kluster ini akan menawarkan layanan untuk melakukan proses komputasi yang lebih cepat.

Untuk membuat komputer kluster diperlukan beberapa tahapan mulai dari instalasi Apache Hadoop sampai membagi node pada masing-masing komputer. Dilanjutkan dengan instalasi Apache Mahout sebagai perangkat lunak yang menyediakan algoritma machine learning untuk di eksekusi pada kluster komputer. Adapula Zabbix yaitu aplikasi monitoring yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kinerja CPU load dan trafik jaringan port ethernet yang digunakan selama proses eksekusi algoritma machine learning berlangsung.

Pada dataset 20 Newsgroups dengan ukuran file 36 MB, terlihat rata-rata lamanya waktu eksekusi dengan 1 node mencapai 22 menit 12 detik, 2 node mencapai 20 menit 42 detik dan 3 node hanya mencapai 18 menit 3 detik. Sedangkan pada dataset Wikipedia XML dengan ukuran file 1 GB, terlihat rata-rata lamanya waktu eksekusi dengan 1 node mencapai 22 menit 6 detik, 2 node mencapai 18 menit 39 detik dan 3 node mencapai 15 menit 6 detik. Hasil pengujian menunjukan, ada perbandingan waktu yang cukup signifikan mencapai rata-rata 2 sampai 7 menit lebih cepat bila node ditambahkan lebih banyak, sehingga 3 node lebih cepat dari 2 node dan 1 node.

Subjek

Networks computer
 

Katalog

IMPLEMENTASI KLUSTER KOMPUTER UNTUK EKSEKUSI ALGORITMA MACHINE LEARNING MENGGUNAKAN APACHE MAHOUT DAN HADOOP
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMAD NAUFAL IHSAN
Perorangan
Ismail, Yahdi Siradj
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini