ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DAN DIMENSI KUALITAS PRODUK (STUDI PADA STARBUCKS DI BANDUNG TAHUN 2015)

I KADEK RADIAN SETINOV

Informasi Dasar

15.04.1864
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dalam upaya mempertahankan konsumennya Starbucks Indonesia memberikan jaminan kepada konsumen bahwa produk-produknya memiliki kualitas yang sangat baik sehingga konsumen tidak perlu ragu untuk membelinya. Selain itu juga, dalam usahanya untuk mempertahankan konsumennya, Starbucks Indonesia juga melakukan beberapa inovasi yang bertujuan untuk memfasilitasi dan mempermudah pelanggannya. Namun, tetap saja ditemukan keluhan pelanggan atas ketidakpuasan baik dalam segi pelayanan maupun produk. Perbedaan antara harapan konsumen mengenai kinerja dari perusahaan dan penilaian konsumen mengenai kinerja aktual memberikan suatu persepsi konsumen atas kualitas jasa. Perbedaan tersebut terjadi karena adanya gap (kesenjangan) antara harapan pelanggan dan kenyataan (kinerja) pelayanan yang diterima; kesenjangan tersebut ada sebagai akibat tidak terpenuhinya harapan para pelanggan. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan Starbucks Indonesia pada tahun 2015. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden dengan menggunakan metode incendental sampling. Data yang digunakan dianalisa menggunakan teknik analisis data deskriptif, analisis indeks kepuasan konsumen dan importance performance analysis (IPA). Hasil penelitian berdasarkan indeks kepuasan menunjukkan dari 29 atribut yang digunakan, hanya atribut “Lokasi Starbucks berada ditempat-tempat Strategis”, “Rasa minuman Starbucks memiliki cita rasa tersendiri, “Merchandise yang dijual di Starbucks bermutu baik”, dan “Makanan yang disediakan Starbucks dikemas dalam kemasan yang menarik”. Selain itu, menurut importance performance analysis (IPA) atribut yang berada di kuadran I atau atribut yang harus segera diperbaiki adalah Pelayanan yang sama terhadap setiap pengunjung, Pegawai ramah melayani pelanggan, dan Pegawai dapat melayani dengan baik pada saat situasi gerai yang ramai.

KATA KUNCI: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Pemasaran

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DAN DIMENSI KUALITAS PRODUK (STUDI PADA STARBUCKS DI BANDUNG TAHUN 2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I KADEK RADIAN SETINOV
Perorangan
Dadang Iskandar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini