IDENTIFIKASI PERAN KOMUNITAS DALAM PENGEMBANGAN BISNIS (STUDI KASUS PADA ARCAPADA MOTOR DAN NAKED WOLVES INDONESIA CHAPTER BHUMI PARAHYANGAN)

MUHAMMAD ILHAM PRAYOGA

Informasi Dasar

15.04.1856
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Arcapada Motor adalah sebuah perusahaan penyedia layanan dan spare part yang terspesialisasi pada merek Bajaj. Arcapada Motor sendiri diprakarsai oleh beberapa anggota Naked Wolves Indonesia Chapter Bhupar, yaitu sebuah komunitas motor bagi para pengguna merek Bajaj. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran yang diberikan oleh Naked Wolves Indonesia Chapter Bhupar dalam pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Arcapada Motor. Teori yang mendasari penelitian ini adalah arah pengembangan bisnis yang terdiri dari arah defensif, arah ekspansi, dan arah diversifikasi, serta metode pengembangan bisnis, yang terdiri dari metode pengembangan internal, metode pengembangan bersama, dan metode pengembangan eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan tiga orang karyawan Arcapada Motor, observasi, dan studi dokumen. Pada penelitian ini dilakukan uji keabsahan melalui uji kredibiltas yang dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menggambarkan hasil wawancara dengan ketiga narasumber penelitian mengenai arah dan metode pengembangan bisnis Arcapada Motor serta peran yang diberikan oleh Naked Wolves Indonesia Chapter Bhupar dalam pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Arcapada Motor. Hasil penelitian juga dilengkapi dengan hasil dari observasi yang disertai dokumentasi dan studi dokumen. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa arah pengembangan bisnis dari Arcapada Motor adalah arah ekspansi, dengan strategi pengembangan produk dan pengembangan pasar, dan arah diversifikasi, dengan strategi diversifikasi concentric. Metode pengembangan bisnis dari Arcapada Motor adalah dengan metode pengembangan internal dan metode tacit collusion. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa Naked Wolves Indonesia Chapter Bhupar memberikan peran dalam pengembangan bisnis Arcapada Motor berupa masukan dan saran, mempromosikan perusahaan, dan memperluas network.

Kata Kunci: pengembangan bisnis, arah pengembangan bisnis, metode pengembangan bisnis, komunitas.

Subjek

BUSINESS PLANNING
 

Katalog

IDENTIFIKASI PERAN KOMUNITAS DALAM PENGEMBANGAN BISNIS (STUDI KASUS PADA ARCAPADA MOTOR DAN NAKED WOLVES INDONESIA CHAPTER BHUMI PARAHYANGAN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ILHAM PRAYOGA
Perorangan
Dodie Tricahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini