PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN FITNESS CENTER (Studi pada Galby Gym Muscle Building And Fitness Club Jl.Peta Bandung)

Perbawa Rizky Syarifuddin

Informasi Dasar

15.04.1851
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Galby Gym adalah suatu perusahaan keluarga yang bergerak dalam bidang jasa khususnya jasa penyedia tempat latihan kebugaran yang berupaya untuk menyediakan segala kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam hal kualitas pelayanan yang diberikan untuk dapat memberikan rasa puas bagi pelanggan. Namun, pada implementasinya pelanggan Galby Gym merasakan dan menemukan pelayanan yang kurang baik yang diberikan oleh penyedia jasa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X) sebagai variabel bebas, kepuasan pelanggan (Y) sebagai variabel perantara, dan loyalitas pelanggan (Z) sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling dan teknik incidental sampling untuk menyebarkan kuisioner kepada 103 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur dan digunakan untuk menganalisis data serta menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan secara keseluruhan dalam kategori baik dengan persentase sebesar 74,8%. Untuk kepuasan pelanggan dalam kategori baik dengan persentase sebesar 78%, dan loyalitas pelanggan dalam kategori baik dengan persentase sebesar 80%. Hasil analisis jalur menunjukkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan adalah 73,44% dan sisanya sebesar 26,56% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan adalah 90,44% dan sebesar 9,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan.

Subjek

SERVICE QUALITY
CONSUMER SATISFACTION

Katalog

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN FITNESS CENTER (Studi pada Galby Gym Muscle Building And Fitness Club Jl.Peta Bandung)
 
xv, 130p. + lampiran.: il.; 29,5 cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Perbawa Rizky Syarifuddin
Perorangan
Devilia Sari
 

Penerbit

Telkom University, Administrasi Bisnis
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini