APLIKASI PENGOLAHAN SAMPEL DATA PASIEN PADA BAGIAN LABORATORIUM BERBASIS APEX DAN SMS GATEWAY (STUDI KASUS : RSU SUNDARI MEDAN)

KHAIRUN NISA

Informasi Dasar

15.06.450
005.74
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sampling atau teknik pemeriksaan di laboratorium merupakan suatu tindakan dan prosedur pemeriksaan khusus dengan mengambil bahan atau sampel dari pasien, yang bisa berupa urine, darah, sputum dan sebagainya untuk menentukan diagnosis atau membantu menentukan diagnosis penyakit. Ini bertujuan untuk memeriksa penyakit yang diderita pasien dan memantau perkembangan pengobatan terhadap suatu jenis penyakit tertentu melalui pemeriksaan yang diperlukan. Yang nantinya hasil pemeriksaan sampel tersebut diolah lagi hingga mendapatkan hasil laporan sampel keseluruhan. SMS Gateway adalah teknologi yang dapat menghubungkan client dengan komputer yang dapat dikirim melalui SMS yang biasanya digunakan untuk berbagi informasi dalam jumlah yang banyak. Dikarenakan setiap harinya banyak pasien yang mengecek di laboratorium, petugas laboratorium sangat sulit mencari data pasien untuk dibuatkan laporan hasil sampel karena hasil sampel tersebut hanya dicatat di dalam sebuah buku besar dan pembuatan laporan hasil sampel dibuat dengan mesin tik. Pembuatan aplikasi ini agar data sampel lebih terorganisir, memudahkan dalam pencariannya dan pembuatan laporan hasil sampel lebih cepat tanpa harus diketik di mesin tik. Tujuan adanya SMS Gateway itu sendiri memudahkan untuk menyampaikan informasi kepada laboratorium, dokter dan pasien. Karena untuk mendapat hasil sampel tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memeriksa sampel pasien tersebut tergantung diagnosa yang diberikan dokter.

Kata Kunci: Sampling, SMS Gateway, Pengolahan Sampel

Subjek

DATABASE MANAGEMENT SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI PENGOLAHAN SAMPEL DATA PASIEN PADA BAGIAN LABORATORIUM BERBASIS APEX DAN SMS GATEWAY (STUDI KASUS : RSU SUNDARI MEDAN)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAIRUN NISA
Perorangan
Suryatiningsih, Boby Siswanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini