PENGOLAHAN KERTAS BEKAS DAN BUNGA LIAR UNTUK PRODUK AKSESORIS FESYEN

FARADINA NURFITRI HIKMATUNNISA

Informasi Dasar

15.04.1777
746.92
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kertas merupakan salah satu bentuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan dalam jumlah yang sangat besar. Namun, penggunaan jumlah kertas tersebut memiliki dampak negatif dari segi pencemaran lingkungan dan mendukung munculnya dampak pemanasan global. Disisi lain, terdapat jenis tumbuhan yang pemanfaatannya masih kurang diminati oleh masyarakat, yaitu bunga liar. Bunga liar seringkali dianggap sebagai gulma karena tidak memiliki banyak manfaat sebagai peluang usaha.

Pengolahan kertas bekas dan bunga liar melalui proses eksperimen dan eksplorasi dengan teknik paper making menggunakan kombinasi dari bubur kertas dan bunga liar menjadi lembaran kertas daur ulang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan metode kualitatif yaitu primer (wawancara, observasi dan eksperimen) dan sekunder (literatur).

Pada proses eksplorasi jenis bunga liar, terdapat kendala dari segi cuaca hujan dan panas, jumlah banyaknya bunga, kesesuaian karakter bunga. Sedangkan pada proses pelapisan, masih belum ditemukannya jenis pelapisan yang sesuai untuk diaplikasikan pada kertas daur ulang. Hasil pencapaian eksplorasi material hingga pelapiasan digunakan untuk diaplikasikan ke dalam bentuk produk aksesoris fesyen berupa shoulder bag untuk meningkatkan nilai ekonomis, estetika serta nilai fungsionalnya.

Kata kunci: kertas bekas, bunga liar, paper making, aksesoris fesyen

Subjek

FASHION DESIGN
 

Katalog

PENGOLAHAN KERTAS BEKAS DAN BUNGA LIAR UNTUK PRODUK AKSESORIS FESYEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARADINA NURFITRI HIKMATUNNISA
Perorangan
Morinta Rosandini, Arini Arumsari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini